Konstruksi Media terhadap Simbolitas Tato pada Selebritis Indonesia (Studi Analisis Framing Pemberitaan Tato Selebritis dalam Situs Internet kapamlagi.com)

Pamungkas, Adi (2011) Konstruksi Media terhadap Simbolitas Tato pada Selebritis Indonesia (Studi Analisis Framing Pemberitaan Tato Selebritis dalam Situs Internet kapamlagi.com). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian "Konstruksi Media terhadap Simbolitas Tato pada Selebritis Indonesia (Studi Analisis Framing Pemberitaan Tato Selebritis dafam Situs Int ernet kapa nlagi.com)" ini berusaha untuk memaparkan bagaimana media, dalam hal ini media massa situs internet kapanlagi.com, membentuk simbolitas tato dalam masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaanya. Dalam pemberitaan media massa tersebut peran dan fungsi tato dibingkai sedemikian rupa guna membentuk simbolitas tato yang sesuai dengan kehcndak wartawan atau media massa itu sencliri, lengkap dengan berbagai kepentingan dibelakangnya. Disini ada semacam pembentukan realitas semu tentang tato oleh media massa yang sengaja di wartakan kepada khalayak guna mendapat legalisasi dari masyarakat. Proses konstruksi simbolitas tato oleh media massa itulah yang dianalisis dalam peneliti an ini melalui teori framing media yang didukung oleh teori -teori lain seperti semiotika visual dan analisis layout/mapping media. Teori-teori tersebut akan ditautkan sedemikian rupa guna membongkar bagaimana media massa, dalam hal ini situs internet kapanlagi.com, membentuk simbol-simbol tato sebagai bagian dari kebudayaan popu ler dan sebagai sebuah komoditas pasar dalam ranah kapitalisme. Melalui analisis data dan deskripsi hasil penelitian ini akhirnya diketahui bahwa media massa, dal am hal ini situ s internet kapanlagi.com, menempatkan tato sebagai produk budaya yang membawa simbol fesyen metroseksual, simbol ekspresi dan histeria kebebasan, simbol kuasa manusia atas tubuh sendiri, setia sebagai simbol transformasi kultural menuju komoditas p sar. Simbol-simbol baru yang berperan sebagai fungsi dan peranan tato moderen tersebut dikemas dan diwartakan sedemikian rupa oleh media massa, termasuk situs internet kapanlagi.com, guna mendapatkan persetujuan dari para pembacanya, dalam hal ini khalayak umum. Sekiranya dengan penelitian tentang konstruksi media terhadap simbolitas tato pada selebritis Indonesia ini dapat diketahui bagaimana media, khususnya media massa situs internet kapanlagi.com, membentuk fakta dan realitas tentang tato yang ada didalam masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaannya. Terlepas dari apakah fakta dan realitas (simbolitas tato) hasil bentukan media tersebut mampu mempengaruhi opini dan persepsi masyarakat tentang tato, harus diakui bahwasanya media massa mempunyai kekuatan tersendiri untuk membentuk bangunan pemikiran masyarakat berkaitan dengan isu-isu populer, termasuk didalamnya isu tentang tato sebagai sebuah budaya ubiquitous yang mampu melintasi berbagai jaman . Kata kunci: tato selebritis, konstruksi media, simbolitas tato

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pamungkas, Adinim0511480024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: tato selebritis, konstruksi media, simbolitas tato
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 27 May 2022 08:15
Last Modified: 27 May 2022 08:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item