Hersapandi, NIM. 015K/S3-ST/07 (2010) Kehidupan Wayang Orang Sriwedari Surakarta Dalam Perspektif Determinasi Penari Rol. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab 1 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 ).pdf Download (34MB) | Preview |
|
Text
bab 2 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 )-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) | Request a copy |
||
Text
bab 3 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 )-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) | Request a copy |
||
Text
bab 4 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 )-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (106MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab 5 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 )-5.pdf Download (15MB) | Preview |
|
Text
lampiran 12 KEHIDUPAN WAYANG ORANG SRIWEDARI L ( KT013546 l 002.2016 )-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Penari rol adalah sebutan pemain bintang dalam pertunjukan wayang orang. Ia memiliki kualifikasi keaktoran dengan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan scni yang tinggi, serta kemampuan mcngembangkan karakter tokoh yang dibawakan. Keunggulan kompetitif ini menjadi ikon daya tarik penonton. Penari rol adalah sebuah ikon penonton, schingga pertunjukan itu memiliki nilai jual. Oleh karena itu, penari rol mempunyai spirit untuk dinamika kehidupan wayang orang. Rusman sebagai penari rol pememn tokoh Gathutkaca menjadi idola banyak penonton, bahkan Presiden Soekamo mengidolakannya. Pencitraan penari rol Rusman Haijowibaksa adalah kristalisasi proses kreatif yang dibangun dengan mengedepankan profesionalisme berkesenian, sehingga aktualisasi keaktorannya memberikan kekuatan yang mampu membuat penonton terkesima dan kecanduan untuk sclalu datang melihat penampilan sang idola. Oleh karena itu, keaktoian penari rol adalah pencitraan yang lahir di zamannya. Pencitraan Rusman sebagai penari Gathutkaca erat hubungaxmya dengan Darsi dalam pencitraan kotemporer, bahasa kontemporer, bahasa populer tentang romantik. Rusman dan Darsi mampu menciptakan bahasa roman, yang pada waktu itu merupakan idiom seni pop yang baru. Darsi mampu menciptakan objek romantik, yakni menciptakan ideal keindahannya, sedang Rusman menciptakan tragedinya. Tindakan agen merupakan totalitas kcaktoran dalam kehidupan pribadinya untuk menjaga kualitas ketubuhan sebagai penari profesional. Penari rol sebagai agen adalah individu yang memiliki intclegensi dan integritas sebagai seniman profesional. Tindakan aktor tidak jarang lebih terkesan memproteksi kharismanya yang cenderung ingin tampil terus, sehingga tidak ingin menciptakan pengganti yang dipandang sebagai kompetitor yang dapat menggeser kedudukannya dan sekaligus hilangnya potensi ekonominya. Spirit sebuah pertunjukan hibman adalah kualitas keindahan dari sang “bintang”, yang mengekspresikan simbol dan nilai artistik yang dibutuhkan oleh penonton.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Pepustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | wayang wong, manajemen, penari rol, agen-struktur | ||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari Tata kelola seni |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:33 | ||||
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:33 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |