Utomo, Davitri (2022) Hadrah Mahbaba Dalam Upacara Sebaran Apem Yaaqowiyyu di Desa Jatinom Klaten Jawa Tengah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Davitri Utomo_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Davitri Utomo_2022_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
Davitri Utomo_2022_BAB IV (PENUTUP).pdf Download (6MB) |
|
Text
Davitri Utomo_2022_JURNAL.pdf Download (5MB) |
|
Text
Davitri Utomo_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
LOA Davitri Utomo.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Upacara sebaran apem YaaQowiyyu merupakan tradisi turun-temurun yang diselenggarakan oleh masyarakat desa Jatinom Klaten Jawa Tengah pada bulan Sapar atau sering disebut dengan Saparan. Upacara tersebut dilaksanakan satu tahun sekali untuk mengenang jasa-jasa Ki Ageng Gribig dalam menyebarkan agama Islam di pulau Jawa khususnya di Desa Jatinom Klaten dan terdapat kesenian musik hadrah pesisiran dan banjaran yang disajikan oleh kelompok hadrah Mahbaba sebagai pengiring jalannya upacara. Teori fungsi digunakan untuk mengetahui bentuk penyajian serta fungsi musik hadrah dalam upacara sebaran apem YaaQowiyyu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan fokus pada pengamatan mendalam mengenai kesenian musik hadrah dalam upacara sebaran apem YaaQowiyyu melalui pendekatan secara Etnomusikologi yang membahas mengenai teks dan konteks musik. Kajian tekstual dari hadrah pesisiran dan banjaran tampak dari aspek: bentuk penyajian, instrumentasi, vokal, dan pola tabuhan. Kajian kontekstual upacara sebaran apem YaaQowiyyu terdapat unsur religi yang melatar belakangi kesenian musik hadrah sebagai pengiring upacara. Kesenian musik hadrah dalam upacara sebaran apem YaaQowiyyu memiliki fungsi yang sangat kompleks dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Beberapa fungsi yang dianggap menonjol terhadap kebudayaan masyarakat diantaranya: fungsi sebagai sarana ritual; fungsi sebagai ungkapan atau hiburan pribadi; fungsi sebagai presentasi estetis; fungsi sebagai pengikat solidaritas kelompok masyarakat; fungsi sebagai media komunikasi massa. Kesenian musik hadrah memiliki kedudukan penting terhadap jalannya upacara diantaranya: sebagai pengantar atau bagian upacara; sebagai pengiring upacara; sebagai pendukung suasana upacara. Kata Kunci : Upacara YaaQowiyyu, hadrah, religi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upacara YaaQowiyyu, hadrah, religi | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Davitri Utomo | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:44 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2022 06:44 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11628 |
Actions (login required)
View Item |