Wahyuningsih, Anisa (2022) Analisis Efek Kejutan atas Penerapan Restricted Narration dalam Plot Film “The Handmaiden”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ANISA WAHYUNINGSIH_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
|
Text
ANISA WAHYUNINGSIH_2022_BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
ANISA WAHYUNINGSIH_2022_BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
ANISA WAHYUNINGSIH_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ANISA WAHYUNINGSIH_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penceritaan terbatas (restricted narration) dapat diartikan ketika sebuah film hanya menyajikan informasi cerita fokus terhadap satu tokoh saja. Pada penerapannya, penceritaan terbatas (restricted narration) dapat menimbulkan efek kejutan. Kejutan diartikan sebagai perasaan yang timbul karena ketidaksiapan pada sesuatu yang muncul secara tiba-tiba atau tidak sesuai harapan dan dugaan. Film The Handmaiden dipilih sebagai bahan penelitian karena cukup dominan menerapkan penceritaan terbatas (restricted narration) dalam plotnya yang kemudian menimbulkan efek kejutan dan tidak hanya muncul sekali. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pola plot dan bagaimana efek kejutan muncul atas penerapan teknik penceritaan terbatas (restricted narration) dalam plot film The Handmaiden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data secara observasi (pengamatan) terhadap unsur naratifnya. Tahap penelitian dimulai dengan menganalisis keseluruhan plot film The Handmaiden, dari analisis plot tersebut akan teridentifikasi scene-scene yang mengandung indikator efek kejutan yang kemudian dihubungkan dengan penerapan teknik penceritaan terbatas (restricted narration). Dari indentifikasi tersebut akan dianalisis sesuai dengan rumusan masalah, sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah efek kejutan yang muncul pada film The Handmaiden disebabkan karena film memanfaatkan tiga plot besar untuk membangun penerapan teknik penceritaan terbatas (restricted narration). Secara keseluruhan, teknik yang diterapkan adalah dengan menyajikan cerita fokus pada satu tokoh sekaligus penerapan kedalaman informasi cerita secara subjektif, mengelabuhi penonton dengan mata kamera, dan juga penerapan teknik editing kilas balik. Penggabungan teknik-teknik tersebut akhirnya berhasil menimbulkan efek kejutan yang bertingkat bagi penonton. Kejutan-kejutan tersebut di sisi lain juga berhasil mengubah narasi yang sebelumnya subjektif menjadi sepenuhnya objektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Plot, Kejutan, Penceritaan Terbatas (Restricted Narration), Film The Handmaiden | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Anisa Wahyuningsih | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 00:40 | |||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2023 07:39 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11671 |
Actions (login required)
View Item |