Atinirbhita, Adhika (2022) Perancangan Interior Teaching Industrial Learning Center Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Adhika Atinirbhita_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
|
Text
Adhika Atinirbhita_2022_BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
Adhika Atinirbhita_2022_BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Adhika Atinirbhita_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (4MB) |
|
Text
Adhika Atinirbhita_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
Video
Adhika Atinirbhita_2022_KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (84MB) |
|
Image
hqdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
Adhika Atinirbhita_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Gedung Teaching Industrial Learning Center Sekolah Vokasi UGM (TILC-SV UGM) merupakan salah satu dari 4 gedung yang masuk dalam proyek paket 4 pembangunan (APSLC, DLC, TILC, dan FRC) Universitas Gadjah Mada di tahun 2020, dimana tujuan dari pembangunan ini difungsikan sebagai pusat pengembangan inovasi ide dan kolaborasi mahasiswa dan akademisi Fakultas Teknik Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, yang dapat mewujudkan aktivitas yang saling bersinergi, didukung dengan kreatifitas sebagai upaya merespon permasalahan transformasi dan reformasi pendidikan vokasi di Indonesia dan Sekolah Vokasi UGM. Tujuan perancangan desain interior Gedung TILC-SV UGM untuk mengintegrasikan konsep link and match yang diinisiasikan pendidikan vokasi, melalui pendekatan konsep experiential design. Metode yang digunakan dalam perancangan interior Gedung TILC-SV UGM mengadaptasi dari metode Francis D.K Ching yaitu analisis, analisis berkaitan dengan mengumpulkan data serta mengolah data, lalu sintesis, berkaitan dengan mengembangkan ide desain sebagai jawaban permasalahan desain, lalu evaluasi, berkaitan dengan peninjauan kembali hasil desain, dan yang terakhir adalah implementasi, berkaitan dengan penerapan desain dan finalisasi desain yang sudah dievaluasi dan siap disimulasikan. Merancang ruangan yang presentatif sehingga memberikan dampak positif bagi pengguna ruang untuk melakukan segala aktivitas baik belajar, bekerja maupun berinteraksi antara pengguna ruang dengan lingkunganya. Hasil perancangan desain interior Gedung TILC-SV UGM menunjukkan bahwa konsep experiential design, memberikan pengaruh hubungan emosional dan interaksi pengguna ruang lebih terjalin optimal, diperkuat dengan korelasi citra dan karakteristik kampus UGM, diterapkan melalui penerapan elemen-elemen desain interior yang berkaitan dengan pendekatan tema kontekstual Kampus UGM, dengan mengadaptasi unsur gaya modern sebagai kebaruan citra kampus kerakyatan sekaligus kampus berkompeten dan berintelektual tinggi. Kata kunci : Interior, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Link and Match, Experiential Design, Kontekstual
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Interior, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Link and Match, Experiential Design, Kontekstual | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | Adhika Atinirbhita | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 01:26 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 01:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11730 |
Actions (login required)
View Item |