Pambudi, Aditya (2022) Memperkuat karakter Utama Melalui Komposisi "Symmetry" dalam Sinematografi Film Fiksi "Renjana". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ADITYA PAMBUDI_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) | Request a copy |
||
Text
ADITYA PAMBUDI_2022_BAB 1.pdf Download (869kB) |
||
Text
ADITYA PAMBUDI_2022_BAB VI.pdf Download (362kB) |
||
Text
ADITYA PAMBUDI_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (922kB) |
||
Video
ADITYA PAMBUDI_2022_LAMPIRAN.mp4 Restricted to Repository staff only Download (85MB) | Request a copy |
||
|
Image
maxresdefault.jpg Download (64kB) | Preview |
|
Text
ADITYA PAMBUDI_2022_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
||
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Isu sebuah potongan kehidupan tentang seorang wanita hamil dan ditinggal suami dalam waktu bersamaan sehingga membuatnya mengalami konflik batin untuk memutuskan takdir seseorang, antara menerima anak masih ada di dalam kandungan atau menggugurkannya. Tak hanya konflik internal lingkungan sekitar pun turut menambah keterpurukan. Dalam sebuah fase krisis dan konflik utama dalam kehidupan wanita tentu hal ini menjadi sebuah pergolakan batin apalagi bagi seorang wanita dengan memiliki perasaan kuat. Film “Renjana” bergenre drama feminisme dengan menggunakan komposisi gambar pada film “Renjana” menerapkan komposisi symmetry digunakan untuk memperkuat karakter utama mengkomposisikan elemen-elemen visual pada adegan dikonsep untuk membentuk sebuah pemaknaan dan penekanan pada setiap situasi tokoh utama sehingga akan mengurung dan membatasi ruang pandang dan gerak tokoh utama. Secara naratif dan emosi penonton dapat merasakan dan mempersepsikan setiap situasi dan memiliki tempat, keadaan dan nilai memiliki penekanan berbeda. Komposisi symmetry dapat menerjemahkan keadaan dan suasana hati Wati dalam situasi tertentu. Ketika karakter Wati merasa putus asa, tidak berdaya, dan tertekan bahkan saat dia telah mampu menguasai keadaan di akhir cerita. Melalui komposisi symmetry diharapkan dapat mengarahkan perhatian penonton pada karakter utama sehingga di bangun dan mengkontruksi emosi ke dalam setiap situasi. Keterlibatan emosional penonton dengan tokoh dalam film merupakan cara utama sebuah film mempengaruhi keyakinan dan perasaan penonton. Sinematografer memvisualisasikan komposisi symmetry menggunakan tujuh elemen dasar komposisi antara lain: perspektif, garis, bentuk, tone, warna, pergerakan kamera, dan ritme. Komposisi symmetry mengatur semua elemen visual dalam bingkai sedemikian rupa, sehingga membuat gambar menjadi memuaskan dan lengkap, integrasi gambar diperoleh dengan memposisikan massa, warna, dan cahaya dalam pengaturan sehingga menyenangkan. komposisi symmetry menunjukkan subjek akan selalu ditempatkan di tengah frame sedangkan objek nantinya akan memberikan ruang penekanan situasi, sehingga penonton akan mendapatkan perasaan tokoh utana dan merasakan konflik serta emosi dalam film. Kata kunci: Film, Sinematografi, Komposisi Symmetry, Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Film, Sinematografi, Komposisi Symmetry, Karakter | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Aditya Pambudi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 01:22 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2022 02:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11747 |
Actions (login required)
View Item |