Prinayoma, Adika (2022) Perancangan Interior Gedung Filateli Jakarta sebagai Creative Hub (Pos Bloc Jakarta). Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
ADIKA PRINAYOMA_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
ADIKA PRINAYOMA_2022_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
ADIKA PRINAYOMA_2022_BAB V.pdf Download (948kB) |
|
Text
ADIKA PRINAYOMA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
Video
ADIKA PRINAYOMA_2022_LAMPIRAN.mp4 Restricted to Repository staff only Download (44MB) | Request a copy |
|
Text
ADIKA PRINAYOMA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Gedung Filateli Jakarta merupakan salah satu Bangunan Cagar Budaya yang berlokasi di Jalan Pos No.2, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Bangunan ini dahulunya merupakan sebuah kantor pos Indonesia yang didirikan pada tahun 1746 oleh VOC yang kemudian dipugar kembali dan beralih fungsi menjadi sebuah Creative Hub bernama Pos Bloc Jakarta pada akhir tahun 2021. Pos Bloc Jakarta sebagai creative hub merupakan sebuah tempat dimana masyarkat kreatif dapat berkumpul, bersosialisasi, dan mendapatkan jaringan yang luas sekaligus tempat untuk berbelanja serta sekadar makan/minum. Perancangan interior Gedung Filateli Jakarta sebagai creative hub ini kemudian menerapkan tema besar yaitu “Coexistence between Old Architecture and New Interior” yang mana penulis akan menghadirkan interior dengan gaya yang berbeda dari arsitektur bangunan aslinya. Maka terpilihlah gaya Industrial Contemporary sebagai gaya yang dapat merepresentasikan masyarakat muda kreatif khususnya Generasi Milenial dan Z. Gaya desain yang bertolak belakang dengan arsitektur bangunan tersebut dipilih karena penulis ingin mencoba mengapresiasi apa yang telah dirancang dan dibangun oleh arsitek terdahulu pada masanya. Perancangan ini menggunakan konsep Adaptive Reuse sekaligus akan menerapkan strategi desain yang umumnya dipakai sebagai perancangan interior. Karya desain dari perancangan ini kemudian menerapkan metode perancangan proses desain yang digagas oleh Rosemary Kilmer yaitu analisa dan sintesa, dimana penulis akan mengumpulkan keseluruhan data lalu mengolahnya menjadi alternatif desain yang dapat memberikan solusi dan hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Creative Hub, Heritage Building, Adaptive Reuse, Bangunan Cagar Budaya | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | Adika Prinayoma | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2022 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2022 14:39 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11798 |
Actions (login required)
View Item |