Sudut Kamera Subjektif Dalam Ambilan Panjang Pada Film Dokumenter

Ryan Fortunanda, Driepuza (2022) Sudut Kamera Subjektif Dalam Ambilan Panjang Pada Film Dokumenter. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Bab I Driepuza Ryan F.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Driepuza Ryan Fortunanda_2022_BAB 5.pdf

Download (899kB)
[img] Text
Driepuza Ryan Fortunanda_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47MB) | Request a copy
[img] Video
Driepuza Ryan Fortunanda_2022_LAMPIRAN.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
Driepuza Ryan Fortunanda_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (34MB)
[img] Text
Driepuza Ryan Fortunanda_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/channel/UCJfPK-UKtqg2p2CMr...

Abstract

Film dokumenter dapat memberi gambaran atas realita yang ada karena merekam kejadian, peristiwa atau situasi yang nyata. Eyang Murtini memiliki kebiasaan menceritakan sebuah kisah dengan memperlihatkan foto cetak sebagai bantuan visual atas cerita tersebut. Kejadian tersebut sangat berkesan untuk orang yang menontonnya secara langsung. Terlebih untuk anggota keluarga, cerita yang eyang ceritakan sangat dekat, membuat mengetahui lebih dalam tentang sejarah keluarga. Cerita-cerita dari foto tersebut sangat jarang terdokumentasikan, baik tulisan maupun dari rekaman suara, hanya disampaikan dari mulut ke mulut antar anggota keluarga dan antar generasi. Film dokumenter bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengarsipkan cerita dan sejarah yang pernah ada dalam keluarga. Film dokumenter ini merekonstruksi performa bercerita yang eyang lakukan tersebut, dengan susunan alur penceritaan dan perencanaan koreografi kamera. Pengalaman ketika menonton performa bercerita tersebut, direkonstruksi dalam sudut kamera subjektif dengan pergerakan kamera yang dinamis dalam teknik pengambilan gambar dengan ambilan panjang. Kamera merekonstruksi arah tatapan dan perhatian pendengar pertama ketika menonton performa bercerita yang eyang lakukan sehingga dapat mengendalikan pikiran dan perasaan penonton film saat menyaksikan performa bercerita dengan seolah-olah hadir pada saat kejadian. Ketika penonton dan anggota keluarga dapat merasakan pengalaman tersebut diharapkan bisa lebih memaknai atas perjuangan generasi keluarga sebelumnya. Karena apa yang sekarang didapat tidak lepas atas jasa dan pengorbanan generasi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ryan Fortunanda, Driepuzanim1821168411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorImanda, Titonidn03270067406
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: film dokumenter, performa bercerita, ambilan panjang, sudut kamera subjektif
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Driepuza Ryan Fortunanda
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:48
Last Modified: 15 Aug 2022 07:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item