Analisis Pembentukan Karakter Tokoh Hannah Baker Melalui Flashback dan Present Time Pada serial “13 reasons why” season 1

Rahma, Talitha Meuthia (2020) Analisis Pembentukan Karakter Tokoh Hannah Baker Melalui Flashback dan Present Time Pada serial “13 reasons why” season 1. Skripsi thesis, ISI YOGYAKARTA.

[img] Text
FILMTV_SKRIPSI_2020_1510761032_TALITHA MEUTHIA RAHMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILMTV_JURNAL_2020_1510761032_TALITHA MEUTHIA RAHMA.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Serial “13 Reasons Why” (2017) merupakan sebuah serial drama web TV dari Netflix yang bercerita mengenai seorang remaja bernama Hannah Baker yang bunuh diri dan meninggalkan 13 kaset rekaman berisi cerita dan alasan dibalik kematiannya. Serial “13 Reasons Why” Season 1 merupakan salah satu serial Netflix yang mendapatkan popularitas sejak pertama kali ditayangkan, dengan jumlah penonton sebanyak 6,8 juta penonton di Amerika Serikat dalam tiga hari pertama peluncuran perdana di website Netflix. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter tokoh Hannah Baker melalui flashback dan present time dengan teknik karakterisasi tokoh yang digunakan dalam pembentukan tiga dimensi tokoh. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah serial “13 Reasons Why” Season 1. Satuan analisis yang digunakan adalah pembedahan adegan dalam scene, karakter tiga dimensi tokoh dan teknik karakterisasi tokoh. Penelitian ini menggunakan teori dari Lajos Egri dan Joseph M Boggs. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada flashback dan present time, masing-masing telah membentuk tiga dimensi tokoh karakter Hannah Baker dengan teknik karakterisasi yang berbeda. Pada dimensi fisiologi flashback lebih banyak menggunakan karakterisasi melalui penampilan, dimensi sosiologi flashback lebih banyak menggunakan karakterisasi melalui aksi eksternal, dimensi psikologi flashback lebih banyak menggunakan karakterisasi melalui aksi eksternal. Sedangkan untuk pembentukan tiga dimensi tokoh saat present time, ketiga dimensi lebih banyak menggunakan karakterisasi melalui reaksi tokoh lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rahma, Talitha Meuthianim1510761032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyaningsih, Endangnidn0009026906
Thesis advisorKustanto, Liliknidn0013037405
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, 13 reasons why, flashback, present time
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:39
Last Modified: 12 Aug 2022 02:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item