"Prahara Cinta": Alih Wahana Cerita Film "Dua Garis Biru" Ke Dalam Karya Musik

Chandra Yogatama, Alexander Dewanta (2022) "Prahara Cinta": Alih Wahana Cerita Film "Dua Garis Biru" Ke Dalam Karya Musik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_BAB V.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_LAMPIRAN_Prahara Cinta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA_2022_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Film adalah media audio visual yang berfungsi menampilkan cerita suatu peristiwa melalui gambar bergerak atau video dan musik. Pada musik juga terdapat bentuk musik program naratif yang juga berfungsi menceritakan sesuatu. Musik program naratif merupakan salah satu jenis musik program yang dibuat berdasarkan urutan peristiwa. Penulis tertarik dalam membuat komposisi musik yang independen untuk menceritakan suatu film yang sudah ada. “Dua Garis Biru” digunakan penulis sebagai objek cerita yang akan diceritakan kembali melalui karya musik “Prahara Cinta”. Karya musik “Prahara Cinta” merupakan alih wahana dari media film ke dalam media musik. Karya musik ini dibuat untuk merepresentasikan cerita dari film “Dua Garis Biru” yang dituangkan melalui ide musikal. Rumusan ide penciptaan dalam penelitian ini membahas mengenai proses penggarapan karya musik “Prahara Cinta”, serta struktur dan bentuk karya musik tersebut yang berdasarkan film “Dua Garis Biru”. Tahapan yang dilakukan dalam proses penciptaan karya musik “Prahara Cinta” adalah merumuskan ide serta penentuan judul, membuat konsep serta merancang penciptaan karya musik. Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan observasi karya – karya yang menjadi acuan serta kajian pustaka yang digunakan sebagai acuan, membuat sketsa dasar karya, pembuatan lirik dalam karya, pembuatan notasi, serta yang terakhir proses perekaman dan mixing mastering. Proses penciptaan karya musik “Prahara Cinta” dibuat dengan cara membuat perancangan jalan cerita dari film “Dua Garis Biru” karya Ginatri S. Noer dan menghasilkan beberapa bagian. Karya ini juga menerapkan body percussion, nuansa Betawi, serta penggunaan lirik. Lirik yang dibuat berguna sebagai penyampaian jalan cerita dari film “Dua Garis Biru” pada karya musik “Prahara Cinta”. Struktur dan bentuk karya “Prahara Cinta” sebagai berikut: bagian “Dara dan Bima” memiliki urutan alur karya Introduksi – A – A’ – B – A”- Interlude - A’ – B – B” – Coda, bagian “Munculnya Prahara Cinta” memiliki urutan alur karya Introduksi – A – B – A’ –Interlude - A - B – B’ – A” – Coda, bagian “Bimbang” memiliki urutan alur karya Introduksi – A – A’ – B – A – A’- B- Interlude - B’ (Modulasi ke E Mayor) – B” – Coda, bagian “Masalah Tak Kunjung Usai” memiliki urutan alur karya A (4/4) – Introduksi – B – C – B’ – C’ – Interlude – D – C – Coda, bagian”Garis Akhir” memiliki urutan alur karya Introduksi – A – A’ – B – C –Interlude – C’ – D – C” – Coda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Chandra Yogatama, Alexander Dewantanim18101160133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRosiana Dewi, Maria Octavianidn0012107702
ContributorSlamet, Raden Chairulnidn0016015801
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: musical transformation of film, the movie of “Dua Garis Biru”, Betawi idiom, alih wahana film ke dalam musik, “Dua Garis Biru”, nuansa Betawi
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Alexander Dewanta Chandra Yogatama
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:04
Last Modified: 12 Aug 2022 08:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item