Penerapan Metode Kodaly Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Musik Siswa Kelas VII Di SMP Katolik Ricci II Bintaro Tangerang Selatan

Clara Rena Kinanti, Rena (2022) Penerapan Metode Kodaly Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Musik Siswa Kelas VII Di SMP Katolik Ricci II Bintaro Tangerang Selatan. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Clara Rena Kinanti_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
CLARA RENA KINANTI _2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CLARA RENA KINANTI_2022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
CLARA RENA KINANTI_2022_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CLARA RENA KINANTI_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
form-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-REVISI CLARA RENA KINANTI-docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode Kodaly berupa tonic solfa, hand sign, rythm syllables dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas VII. Penerapan metode Kodaly dilakukan setelah peneliti melakukan observasi bahwa siswa kelas VII kesulitan dalam membaca notasi musik dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan guru Seni Musik kurang maksimal. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran, pembelajaran Seni Musik, kemampuan membaca notasi, metode Kodaly, dan remaja. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Ricci II Bintaro, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik Ricci II Bintaro, Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil penerapan metode Kodaly pada pembelajaran Seni Musik menggunakan metode Kodaly, siswa dari kelas VII A dan VII B yang merupakan sampel penelitian berhasil membaca notasi musik dengan baik menggunakan metode Kodaly berupa tonic solfa, hand sign, rythm syllables dengan tiga indikator kemampuan, yaitu: kemampuan membaca ritme/irama, kemampuan membaca melodi/rangkaian nada, dan kemampuan membaca keselarasan nada. Maka disimpulkan metode Kodaly dapat digunakan dalam pembelajaran Teori Musik khususnya pada materi membaca notasi musik di SMP Katolik Ricci II Bintaro, Tangerang Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Clara Rena Kinanti, Renanim18101610132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOriana Tio Parahita Nainggolan, Tionidn0025058303
ContributorWinarjo Sigro Tjaroko, Tjarokonidn0030105703
Department: KODEPRODI87121# PENDIDIKAN MUSIK
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Clara Rena Kinanti
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:32
Last Modified: 24 Aug 2022 06:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item