Sesoran : Karakter Musikal pada Garap Soran sebagai Ide Penciptaan Komposisi Karawitan

Setianto, Fachry (2022) Sesoran : Karakter Musikal pada Garap Soran sebagai Ide Penciptaan Komposisi Karawitan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Fachry Setianto_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Fachry Setianto_2022_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fachry Setianto_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Fachry Setianto_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] Image
Fachry Setianto_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Video (Fachry Setianto_2022_LAMPIRAN 2)
watch_v=U4x1-fbUvIs
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
Fachry Setianto_2022_LEMBAR PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Soran adalah gendhing ciri khas gaya Yogyakarta yang digarap dengan sajian volume atau bunyi keras atau sora. Salah satu ciri khas yang dapat dikenali pada gendhing soran adalah terletak pada teknik tabuhannya yang keras sehingga menghasilkan bunyi yang keras pula. Hal tersebut dimaksudkan untuk menampilkan rasa gagah, wibawa dan agung. Berawal dari ketertarikan pada karakter musikal yang dimiliki gendhing soran, penulis terinspirasi membuat karya komposisi yang berjudul sesoran. Judul ini diambil dari komposisi soran yang di dalamnya ada berbagai garap soran pada komposisi ini. Karya komposisi soran ini merupakan sebuah karya komposisi tradisi yang mengembangkan karakteristik musikal pada gendhing soran yang memiliki rasa agung, gagah, berwibawa dan ngeratoni. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui unsur musikal yang digunakan untuk meenunjukkan karakter musikal soran pada komposisi karawitan dan mengetahui penerapan garap soran pada komposisi sesoran. Tujuan lain dari penelitian ini ialah mengetahui unsur karakter musikal dan penerapan garap soran dalam karya komposisi karawitankarakter musikal soran pada komposisi karawitan dan mengetahui penerapan garap soran pada komposisi sesoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Practice as Researtch through Performance (Praktik sebagai Penelitian melalui Pertunjukan) yang terdiri dari pra garap (observasi, studi pustaka, analisis sumber terkait, wawancara, diskografi, konteks musikal), garap (instrumentasi musikal, tafsir garap, presentasi musikal), dan pasca garap Melalui penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa karakter musikal soran antara yaitu agung, gagah, berwibawa dan ngeratoni. Selain itu, pada garap soran maka terdapat pertimbangan atau parameter garap bagi seorang pencipta atau penggarap yaitu struktur penyajianya, pola tabuhan, ricikan yang digunakan, dan pemilihan nada balungan. Karakter musikal dan garap soran pada komposisi ini dipresentasikan melalui berbagai garap struktur penyajianya yaitu adanya ladrang irama I, irama 2, kemanakan, dan gangsaran dan menggunakan pola tabuhan tradisi pada soran. komposisi ini menggunakan gamelan berlaras pelog dan pathet yang digunakan yaitu pathet 5 dan adanya penambahan instrumen musik Barat yaitu saxophone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setianto, Fachrynim1810703012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Raharjanidn0003027004
ContributorRahdiyatmi Kurnia Jatilinuar, Setyanidn0030049106
Department: KODEPRODI91211#SENIKARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Soran, Komposisi, Gendhing
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: Fachry Setianto
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:45
Last Modified: 25 Aug 2022 07:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item View Item