Arief Agung Suwasono, NIP. (2016) PENGANTAR ANIMASI 2D Metode Dasar Perancangan Animasi Tradisional. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-979-8242-93-9
|
Text
upload.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
prinsip dasar animasi tradisional.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Buku ini menyajikan tentang metode dasar penciptaan animasi tradisional yang sering disebut dengan animasi 2D, dengan ciri khas manual drawingnya, sebagai salah satu jenis animasi yang masih dapat ditemui di layar kaca maupun layar lebar. Meskipun perkembangan animasi saat ini sudah sedemikian pesat terutama dalam bidang teknologinya, akan tetapi dasar-dasar penciptaan animasi memang tidak dapat dilepaskan dari animasi tradisional, sebagai sebuah pemahaman awal bagaimana sebenarnya kaidah-kaidah dalam animasi divisualisasikan. Animasi memang telah menjadi bagian dari industri kreatif sebagai salah satu sektor industri unggulan dalam bidang bisnis hiburan maupun perdagangan. Perkembangan animasi pun saat ini telah merambah pada profesi dalam bidang terapan yang lain, seperti arsitektur, sipil, kedokteran dan lain sebagainya. Dari sebuah hiburan permainan ilusi mata, hingga saat ini menjadi bagian dari teknik berkomunikasi, maka animasi telah menciptakan dunianya sendiri, yakni sebagai sebuah fenomena teknologi yang dapat ditemui hampir di seluruh perangkat komunikasi. Animasi tidak lagi menjadi dirinya sendiri yang pada awalnya sebuah seni ilusi mata lewat gambar-gambar artisitiknya. Animasi telah bermetamorfosis dan menyebar menjadi teknologi yang dapat diaplikasikan pada teknik berkomunikasi dan hiburan. Meskipun banyak industri besar dalam bidang perfilman yang menghasilkan karya karya film animasi, akan tetapi dengan majunya teknologi, profesi dalam bidang animasi telah berkembang dan melahirkan profesi-profesi yang lebih spesialis, mulai dari orang orang yang mempunyai keahlian menggambar sampai dengan orang orang yang mempunyai keahlian dalam penguasaan software-software tertentu yang menjadi bagian dari produksi animasi. Dengan makin banyaknya aplikasi teknologi yang mempermudah penciptaan animasi, maka pada dasarnya orang akan semakin mudah untuk menciptakan animasi, atau film animasi sederhana. Kendati demikian banyak juga para pemula yang kurang memahami bagaimana sebenarnya kaidah-kaidah dalam penciptaan animasi, terutama untuk penciptaan film animasi yang berbasis animasi tradisional. Buku ini dapat menjadi solusi untuk memahami bagaimana seharusnya para pemula mulai mempertimbangkan dan menganalisis aspek-aspek apa yang terkait dengan penciptaan animasi lewat bentuk visual karakter, dan bagaimana seharusnya langkah-langkah dalam menganimasikannya (menggerakkan). Sebagai ciri khas animasi tradisional dua dimensi, maka diperkenalkan pula 12 prinsip animasi yang dikembangkan oleh Walt Disney, sebagai karakteristik visual animasi dua dimensi.
Item Type: | Book | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | seni, media, rekam, animasi, | ||||
Subjects: | Televisi > Animasi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 06 Mar 2017 08:17 | ||||
Last Modified: | 06 Mar 2017 08:17 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1243 |
Actions (login required)
View Item |