Lokomotif Spirit Seni ‘Lokal-universal, Universal-lokal’ Maestro I Nyoman Gunarsa

Sucitra, I Gede Arya (2017) Lokomotif Spirit Seni ‘Lokal-universal, Universal-lokal’ Maestro I Nyoman Gunarsa. Sanggar Dewata Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text (Tulisan ini digagas sebagai bagian penghormatan kepada maestro I Nyoman Gunarsa, memberikan pengetahuan mengenai proses kreatif capaian kekaryaan dan SDI sebagai salah satu wilayah loncatan kreatifnya selama periode berkeseniannya di Yogyakarta-Bali.)
tulisan katalog-TRIBUTE TO THE MAESTRO I NYOMAN GUNARSA-SDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu buah pemikiran penting dari seorang perupa ‘bertangan emas’ I Nyoman Gunarsa adalah berdirinya Sanggar Dewata Indonesia (SDI) pada tahun 1970. Komunitas seni yang awalnya memposisikan diri sebagai sanggar tempat olah kreativitas calon seniman hingga saat ini berumur 47 tahun belum ada tandingannya atas kelanggengan nafas berkesenian di ruang seni rupa Indonesia serta anggota yang selalu bertumbuh setiap tahunnya dengan pencapaian kreativitas karya yang beragam. Kejeniusan dan kesigapan Nyoman Gunarsa menangkap situasi serta posisi dalam membangun identitas bersama dengan menggandeng mahasiswa-mahasiswa asal Bali di tahun 1970, SDI bernafaskan ‘lokal-universal, universal-lokal’ menjumput spirit seni tradisi Hindu Bali dengan bahasa modern akademis diantara atmosfer persaingan yang kuat antara kubu Bandung dan kubu Yogyakarta. Kelahiran SDI (Kubu Bali) inilah sumbangan pemikiran kreatif dan perjuangan yang harus diakui atas totalitas diri seorang Nyoman Gunarsa bahkan hingga rentang waktu terkini diantara seniman Bali tidak ada lagi yang (belum) mampu membangun sebuah sanggar/komunitas seni dan melecutkan spirit kesanggaran dengan semangat pluralitas multikultur yang konstan.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Seni Murni > Seni Patung
Seni Murni > Seni Grafis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:18
Last Modified: 02 Sep 2022 07:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item View Item