"Dialektika Samasta" Sanggar Dewata Indonesia: Bermakna Secara Kultural

Sucitra, I Gede Arya "Dialektika Samasta" Sanggar Dewata Indonesia: Bermakna Secara Kultural. In: Sanggar Dewata Indonesia Yogyakarta “SAMASTA”. Sarasvati art communication & Publication, Yogyakarta, pp. 9-16.

[img] Text (Sanggar Dewata Indonesia menggelar pameran seni visual yang bertajuk “Samasta”. Pameran melibatkan lintas generasi dari angkatan tahun 70-an hingga periode terkini 2018. Secara kuantitas terlihat peserta pameran lebih didominasi oleh perupa muda SDI)
penulisan pameran-arya- ebook catalog samasta-SDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tulisan ini disematkan sebagai pengantar pameran seni rupa Sanggar Dewata Indonesia (SDI) Yogyakarta, yang merayakan hari lahir- nya yang ke-49 tahun pada 15 Desember 2019. Menariknya, tema yang diangkat sangat kontekstual dan memiliki filosofi yang mendalam yakni “SAMASTA”, kata yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti “DISATUKAN”. Sebuah kata yang sedang marak digunakan dalam konstelasi bernegara di Indonesia untuk menunjukan suatu keadaan, gejala, peristiwa ‘satu kesatuan; disatukan kepentingan ekonomi, disatukan senasib sepenanggungan, disatukan ketidakadilan, disatukan ikatan agama, disatukan persatuan bangsa, dipersatukan karena sadar kita beragam-berbeda’. Dan yang utama ‘persatuan membutuhkan perbedaan untuk menjadikannya kokoh dan harmonis.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Seni Murni > Seni Patung
Seni Murni > Seni Grafis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:25
Last Modified: 02 Sep 2022 07:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item