Eds, Eds (2022) Mendorong Anak Berlatih Mandiri. Staccato, XX (238). pp. 32-34.
Text
mendorong anak.docx Download (3MB) |
Abstract
Bagi anak yang memiliki motivasi tinggi, sangat mudah bagi dia menerapkan disiplin dan menggunakan waktunya secara maksimal untuk latihan, tanpa paksaan. Tetapi, ada sebagian anak (dan boleh jadi sebagian besar anak-anak), justru sangat membenci latihan. Tak heran bila masalah latihan bagi anak-anak ini merupakan persoalan pelik, bagi orangtua maupun guru. Berbagai pendekatan pun harus dilakukan untuk membantu dan mendorong anak-anak agar mau berlatih, baik melalui pengawasan ketat, keterlibatan langsung orangtua, dan sebagainya. Yang pasti, untuk sebagian besar anakanak, mereka sangat membutuhkan dorongan terus menerus dari guru dan orangtuanya. Menurut Paul Harris, guru musik, komposer, pemain clarinet, dan penulis artikel, seandainya semua anak dapat mematuhi jadwal yang telah ditetapkannya sendiri, tidak ada masalah. Akan tetapi tidak semua anak bisa diharapkan kemandiriannya seperti itu.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Anak, Berlatih Musik Mandiri | ||||
Subjects: | Kliping | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:07 | ||||
Last Modified: | 15 Dec 2022 02:07 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13076 |
Actions (login required)
View Item |