Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas V Di SD Joannes Bosco Yogyakarta

Henrikus Balzano H.P, 1311956013 (2017) Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas V Di SD Joannes Bosco Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
4. BAB IV.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
5. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan siswa ataupun dengan guru yang dilakukan untuk memperoleh perubahan tingkah laku dari sesuatu yang tidak bisa menjadi bisa. Di Indonesia pembelajaran di sekolah mengacu pada kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah. Saat ini kurikulum yang diterapkan di sekolah ialah kurikulum 2013. Namun guru pengampu pelajaran seni musik di SD Joannes Bosco Yogyakarta mengajar menggunakan buku dengan kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran musik pada siswa di SD Joannes Bosco Yogyakarta, khususnya kelas V interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengamati kegiatan pembelajaran di dalam kelas serta menuangkan segala kegiatan kedalam uraian naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran seni musik sering tidak berjalan sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan. Sehingga penyampaian materi menjadi kurang maksimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran pengampu tidak memakai rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga pemberian materi pembelajaran kurang terencana dengan baik. Pembelajaran musik yang bersifat praktik berjalan kurang maksimal, karena siswa tidak diberikan teknik memainkan instrumen musik secara dasar. Teknik pengambilan nilai yang digunakan oleh guru ialah melalui ujian tertulis dan praktik memainkan instrumen pianika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Henrikus Balzano H.P, 1311956013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : 1. Musmal 2. Ayu Tresna Yunita
Uncontrolled Keywords: kurikulum, pembelajaran, musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:38
Last Modified: 23 Mar 2017 02:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item