Yoniche A. Borotian, 0711160013 (2014) Ensambel Instrumen Tiup Yie Di Daiget Kabupaten Keerom Papua. Skripsi thesis, Musik ISI Yogyakarta.
Text
BAB I Borotian.pdf Download (806kB) |
|
Text
BAB II Borotian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III Borotian.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
Text
BAB IV Borotian.pdf Download (399kB) |
Abstract
Studi ini membahas ensambel Yie dari Daiget, Keerom, Jayapura, Papua, yang dimainkan khususnya oleh suku Dinimamoi dan Yatgubru. Metode yang digunakan dalam kajian ini ialah metode kualitatif dan analisis deskriptif melalui studi pustaka, wawancara, serta penelitian lapangan di wilayah Daiget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap nada yang dihasilkan dari setiap instrumen pada ensambel Yie mengandung makna spiritual dan arti, serta makna yang begitu banyak bagi masyarakat Keerom Jayapura, Papua. Diantaranya dengan teknik dasar pernapasan diafragma yang baik serta ambasir yang matang, maka produksi nada tersebut dipadukan dengan ekspresi tempo lambat dan dimainkan dengan durasi panjang. Yie sangat layak dijadikan sebagai repertoar baru dimana dari aspek teknik serta teknisnya merupakan hal yang sangat menarik untuk diangkat. Itu terbukti dengan adanya keragaman bunyi yang harmonis dan menyatu dengan aspek budaya papua. Ensambel Yie dalam penerapanya kepada masyarakat Dinimamoi dan Yatgubru merupakan sebuah kemajuan yang mendasar dimana masyarakat dapat memahami yie lebih dalam dan menjadi harapan baru bagi mereka untuk mewariskan kepada anak cucu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||
Date Deposited: | 24 Oct 2014 06:54 | ||||
Last Modified: | 24 Oct 2014 06:54 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/132 |
Actions (login required)
View Item |