Penggambaran Discriminatory Bullying dengan Komparasi Tokoh Dalam Skenario Naratif Tandem “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”

Efendi, Stefanus (2022) Penggambaran Discriminatory Bullying dengan Komparasi Tokoh Dalam Skenario Naratif Tandem “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
STEFANUS EFENDI_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
STEFANUS EFENDI_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
STEFANUS EFENDI_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (890kB)
[img] Text
STEFANUS EFENDI_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img] Text
STEFANUS EFENDI_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy

Abstract

Discriminatory bullying adalah perilaku yang secara langsung atau tidak langsung membuat seseorang membedakan, mengecualikan, membatasi atau memilih seseorang atas dasar beberapa faktor: identitas gender, orientasi seksual, usia, agama atau kepercayaan, asal etnis atau fisik. Diskriminasi masih sering terjadi di tengah masyarakat, sehingga mengangkat topik ini penting dilakukan untuk memberikan dukungan pada korban dan memberikan kesadaran bagi para pelaku tindak diskriminasi. Dalam karya tulis ini discriminatory bullying digambarkan dengan melakukan komparasi tiga tokoh utama, bertujuan agar pembaca dapat memahami discriminatory bullying secara lebih luas, mengetahui penyebab discriminatory bullying, dan menemukan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap dampak negatif discriminatory bullying di setiap tokoh. Struktur naratif tandem dipilih untuk menyusun cerita ketiga tokoh utama karena struktur ini dapat menampilkan perjuangan masing-masing tokoh utama secara seimbang dalam satu lokasi geografis dan kerangka waktu yang sama. Penerapan struktur naratif tandem perlu memperhatikan beberapa hal, seperti cerita memiliki lebih dari satu tokoh utama, konsistensi tema utama yang mengikat keseluruhan cerita, kesamaan geografis dan waktu, penyajian plot yang melompat antarcerita, serta terdapat objek dan karakter yang muncul di sejumlah cerita yang berbeda. Penyusunan plot tiap cerita dilakukan dengan mengembangkan cerita bersamaan, menjaga kesinambungan emosi, serta memperhatikan kesinambungan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Efendi, Stefanusnim1710847032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSulistyaningsih, Endang0009026906
ContributorArya Dhipayana, Gregorius0021088203
Department: KODEPRODI91261#
Uncontrolled Keywords: Discriminatory bullying, komparasi, struktur naratif tandem.
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Stefanus Efendi
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:22
Last Modified: 19 Feb 2024 08:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item