Perancangan Komunikasi Visual sebagai Kampanye Kesadaran 5R untuk Siswa Kelas XI Animasi dan DKV SMK Pusat Keunggulan di Yogyakarta

Daniati, Nina Tri (2023) Perancangan Komunikasi Visual sebagai Kampanye Kesadaran 5R untuk Siswa Kelas XI Animasi dan DKV SMK Pusat Keunggulan di Yogyakarta. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nina Tri Daniati_2023_Full Text.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nina Tri Daniati_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nina Tri Daniati_2023_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nina Tri Daniati_2023_Karya.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Nina Tri Daniati_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (140kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat dikenal dengan sikap kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), merupakan tahap untuk mengatur kondisi tempat kerja yang berdampak terhadap efektivitas kerja, efisiensi, produktivitas dan keselamatan kerja. Perancangan ini bertujuan menjadi pemecahan masalah komunikasi visual sebagai solusi untuk mendorong target audiens siswa SMK untuk memiliki kesadaran menerapkan sikap kerja 5R sehingga keterserapan lulusan SMK di dunia industri kreatif semakin meningkat. Berdasarkan hasil pengumpulan data melalui kuesioner kepada pihak industri, rendahnya keterserapan lulusan SMK di industri, disebabkan karena industri menuntut lulusan SMK memiliki budaya kerja yang baik, diantaranya: kedisiplinan, ketertiban, kebersihan, kerapian. Lulusan SMK kurang dapat mengikuti budaya kerja di industri dan kurang dapat menepati deadline pekerjaan. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking (Brown, 2008) yang dipadukan dengan strategi penyampaian pesan dan pemilihan media (Kasilo, 2008). Metode perancangan tersebut terdiri dari lima tahapan besar yakni: 1) Empathize (Empati); 2) Define (Menetapkan); 3) Ideate (Ide); 4) Prototype; 5) Test. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen sekolah, membagikan kuesioner kepada pengelola industri dan target audiens. Upaya-upaya tersebut penulis lakukan untuk merumuskan masalah perancangan, menentukan target audiens, dan menyusun consumer insight melalui FGD (Forum Group Discussion). Hasil dari perancangan adalah komunikasi visual untuk kampanye kesadaran berjudul “Perancangan Komunikasi Visual sebagai Kampanye Kesadaran 5R untuk Siswa Kelas XI Animasi dan DKV SMK Pusat Keunggulan di Yogyakarta” melalui media: Motion Graphic, Instagram Story, Spanduk, Poster, Hanging Mobile, Ambient Media dan Apron Worker. Melalui proses perancangan, penulis menemukan bahwa komunikasi visual untuk kampanye kesadaran dengan target audiens anak remaja madya harus bersifat persuasif, komunikatif, dan sinergis.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Daniati, Nina Trinim2021305411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTinarbuko, Isidorus Tyas Sumbonidn0001046616
Department: Program Pascasarjana
Uncontrolled Keywords: komunmikasi visual,Budaya Kerja 5R, kampanye kesadaran
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Nina Tri Daniati
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:44
Last Modified: 23 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item