Penyutradaraan Program Talkshow Musik Tradisi “Alunan Indonesia“ Melalui Pendekatan Mise En Scene Episode “Lantunan Bumi Tambun Bungai”

Amanda, Ika Mawarni (2023) Penyutradaraan Program Talkshow Musik Tradisi “Alunan Indonesia“ Melalui Pendekatan Mise En Scene Episode “Lantunan Bumi Tambun Bungai”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
IKA MAWARNI AMANDA_2023_FULL TEKS..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
IKA MAWARNI AMANDA_2023_BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
IKA MAWARNI AMANDA_2023_BAB PENUTUP..pdf

Download (143kB)
[img] Text
IKA MAWARNI AMANDA_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=Q_jfm5shKqg

Abstract

Musik tradisional adalah musik yang berkembang dimasyarakat secara turun temurun di Indonesia yang dipertahankan sebagai sarana hiburan. Kemudian program televisi merupakan salah satu media yang sangat dekat dengan masyarakat sehingga dibuatlah program televisi musik talkshow berjudul “Alunan Indonesia” sebagai media hiburan dan penyampai informasi yang cocok diberbagai kalangan yang mengangkat tema tradisional yang dipadukan dengan masa kini. Program televisi talkshow musik tradisi ini akan menampilkan musik-musik tradisi yang telah diaransemen lagi ke genre masa kini yang tengah digemari masyarakat terutama anak muda. Untuk menarik penonton maka dibuatlah konsep mise en scene yaitu setting atau tata artistik, kostum dan tata rias, pencahayaan, dan pembawa acara untuk membangun suasana elegan, etnik, modern, dan menarik pada penonton. Penerapan mise en scene program talkshow musik tradisi “Alunan Indonesia” mulai dari setting dengan nuansa alami hutan Kalimantan Tengah, tanaman dan unsur kayu-kayu dengan ornamen khas Dayak. Pencahayaan menggunakan cahaya buatan untuk mendukung suasana modern masa kini dan juga untuk mendukung pencahayaan pada malam hari. Kostum dan tata rias menerapkan pakaian adat Dayak dengan memadukan pakaian kasual pada host nya. Host dan narasumber diarahkan untuk membawakan acara ini secara santai namun informatif dan menghibur. Dengan pengemasan seperti ini diharap generasi muda untuk melihat, tertarik menonton dan lebih mencintai budaya kemudian melestarikannya. Kata kunci : musik, tradisi, talkshow, mise en scene

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amanda, Ika Mawarninim1710857032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSetiawan, Deddynidn0029077603
ContributorRoro Ari Prasetyowati, Radennidn0027108004
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: musik, tradisi, talkshow, mise en scene
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Ika Mawarni Amanda
Date Deposited: 09 Feb 2023 00:55
Last Modified: 09 Feb 2023 00:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item View Item