Ariesty Victoria Kartina, 1210469015 (2017) Ansambel Musik Nggo Lamba Dalam Upacara Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata Di Danau Kelimutu Ende Flores Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
1. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
2. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
||
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
5. Bab V.pdf Download (905kB) | Preview |
|
Text
6. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
Jurnal TA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seni Pertunjukan dalam masyarakat merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat itu sendiri. Masyarakat sebagai pemilik kebudayaan memiliki peranan untuk melestarikannya. Seni pertunjukan memiliki wujud yang berbeda-beda, seni pertunjukan sendiri memiliki arti dan makna bahkan memiliki ciri khas yang khusus sesuai dengan konteksnya. Kesenian musik Nggo Lamba yang terdapat di Ende Lio Flores Nusa Tenggara Timur merupakan seni pertunjukan rakyat yang digunakan untuk mengiringi tarian adat dalam berbagai macam upacara ritual adat seperti upacara syukuran, upacara pernikahan, upacara Pati Ka dan upacara adat lainnya. Upacara Pati Ka merupakan upacara adat memberi makan para leluhur yang tinggal di puncak danau Kelimutu. Upacara tersebut dirangkai dalam Sepekan Pesta Danau Kelimutu yang diawali dengan upacara adat wela kamba, pagelaran seni budaya nusantara hingga pelaksanaan upacara Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata. Bukan hanya musik Nggo Lamba dan tarian yang disuguhkan dalam upacara Pati Ka, namun beberapa sesaji yang merupakan makanan adat juga disuguhkan. Iringan musik yang merupakan sebuah wujud memiliki bentuk penyajian tersendiri, mulai dari bentuk penyajian non musikal dan bentuk penyajian musikal. Berdasarkan bentuk penyajian musikal, Nggo Lamba merupakan ansambel musik yang dimainkan secara berulang-ulang dan mengikuti selera pemainnya. Nada dalam instrumen dari setiap daerah berbeda-beda dan pola permainannya pun berubah ketika permainannya dirasa sudah cukup. Nggo Lamba bukan hanya sebagai musik pengiring namun dalam upacara ritual adat, musik ini memiliki arti tersendiri yang dipercayai masyarakat setempat, seperti jika musik ini dibunyikan maka semua masyarakat daerah tersebut berhenti beraktivitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Krismus Purba 2. Sri Hendarto | ||||
Uncontrolled Keywords: | Nggo Lamba, iringan musik, Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata | ||||
Subjects: | Etnomusikologi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 24 Mar 2017 06:34 | ||||
Last Modified: | 24 Mar 2017 06:34 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1344 |
Actions (login required)
View Item |