Hidayah, Alfiyanti Nurril (2023) Eksplorasi bentuk batu Karang Masjid Mantingan dalam kriya kayu. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Alfiyanti Nurril Hidayah _2023_FULL TEKS .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Alfiyanti Nurril Hidayah_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfiyanti Nurril Hidayah_2023_PENUTUP.pdf Download (261kB) |
|
Text
Alfiyanti Nurril Hidayah_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (439kB) |
|
Video
Alfiyanti Nurril Hidayah_2023_LAMPIRAN 2.mp4 Restricted to Repository staff only Download (76MB) | Request a copy |
Abstract
Ornamen Batu Karang Masjid Mantingan, keberadaannya menyangkut beberapa aspek. Aspek pertama: Ornamen Masjid Mantingan memiliki latar belakang sejarah dan budaya. Ornamen yang berada di Masjid Mantingandisebut sebagai subjek yang menyentuh perasaan yang memunculkan inspirasi, di antaranya peninggalan sejarah, kepercayaan, produk budaya dsb. Perpaduan budaya merupakan konsep historis dan filosofi yang mendasari keberadaan ornamen Masjid Mantingan. Aspek kedua: menyangkut masalah karakteristik seni Islam pada ornamen Masjid Mantingan dengan ditandai keberadaan unsur Hindu, Cina, dan “local genius”. Aspek ketiga: adalah berkaitan dengan makna lambang (simbol) padaperupaan motif ornamen Masjid Mantingan. Dalam penggarapan karya dilakukan penerapan ornamen pada kayu akan dilakukan dengan memperhatikan lekuk bentuk dari media kayu dengan pedoman nilai-nilai estetika, untuk teknik yang digunakan adalah teknik ukir dan Proses Lengkung (Bend Process). Proses Penciptaan karya-karya ini dilakukan dengan perhitungan proporsionalbentuk dan ukuran. Pencarian sumber ide, sketsa, pemilihan bahan pokok, sampai pada tahap pengerjaan karya mentah yang menggunakan beberapa macam proses danteknik ukir, dan yang terakhir yaitu proses display karya. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini adalah practice based Research. Sumber ide pada penciptaan karya ini menggunakan beberapa teori pendukung seperti: teori Estetika dan semiotika. Setelah melalui proses penciptaan yang panjang, terlahirlah 6 karya seni kayu. Secara keseluruhan terlihat bahwa pada karya-karya ini terdapat penggayaan pada teknik ukir yang lebih luwes, yang juga terdapat unsur estetik dan simbolis.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Eksplorasi, Ornamen Batu Karang Masjid Mantingan, kayu Limbah. | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Alfiyanti Nurril Hidayah | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 04:15 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 04:15 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13504 |
Actions (login required)
View Item |