Pengembangan Desain Produk Alat Penunjang Diet Penyakit Hiperkolesterolemia

Ahmad Ibnu, Amar (2023) Pengembangan Desain Produk Alat Penunjang Diet Penyakit Hiperkolesterolemia. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
AHMAD IBNU AMAR_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AHMAD IBNU AMAR_2023_BAB V.pdf

Download (428kB)
[img] Text
AHMAD IBNU AMAR_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
surat pernyataan ibnuu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Terdapat beragam aplikasi pesan antar makanan yang menawarkan berbagai menu makanan pilihan junk food. Tanpa disadari gaya hidup tersebut menjadikan pola hidup yang tidak sehat. Konsumsi junk food setiap hari dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan. Salah satunya penyakit hiperkolesterolemia. Terdapat peluang penciptaan produk inovasi berupa alat makan untuk menunjang kebutuhan diet rendah kolesterol dan rendah lemak pada penderita hiperkolesterolemia. Inovasi desain produk berupa alat penunjang diet untuk penyakit hiperkolesterolemia, menggunakan metode design thinking dan sepuluh prinsip good design menurut Dieter Rams. Metode ini memungkinkan perancangan yang berorientasi induktif untuk mengeksplorasi kemungkinan teori baru, secara bersamaan memungkinkan perancangan berorientasi deduktif. Berdasarkan analisis data di lapangan, penderita hiperkolesterolemia yang sedang menjalani diet rendah kolesterol dan rendah lemak mengharapkan lima hal: (1) produk alat makan yang mempermudah aktivitas diet tinggi serat rendah kolesterol; (2) fitur berupa timbangan nutrisi produk; (3) sekat pada alat makan; (4) pedoman diet yang terarah; dan (5) produk penunjang diet yang ringkas mudah dibawa kemana saja. Dalam perancangannya, pengaplikasian food diet scale memiliki kelebihan melacak kemajuan, melihat pengukuran serat dan energi yang dibutuhkan. Sehingga terciptalah produk ‘dietbox’, produk yang dapat membantu membentuk gaya hidup users dalam menurunkan kadar kolesterol. Kata kunci: diet rendah kolesterol dan rendah lemak, design thinking, good design, Dieter Rams, hiperkolesterolemia, food diet scale.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ahmad Ibnu, Amarnim1710087027
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahmawan Dwi, Prasetyanidn0012056905
ContributorEndro, Trisusantonidn0021096402
Department: KODEPRODI90231#DESAIN PRODUK
Uncontrolled Keywords: diet tinggi serat rendah kolesterol; good design; Dieter Rams; hiperkolesterolemia; food diet scale
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk
Depositing User: Ahmad Ibnu Amar
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:53
Last Modified: 22 Feb 2023 00:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13674

Actions (login required)

View Item View Item