Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar, Setya and Ipuk, Widyastuti (2022) Pengembangan Website Berbasis Google Site sebagai Media Pembelajaran Blended Learning Melalui Fitur Interaktif. Project Report. LPT ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_2022_BAB I.pdf Download (782kB) |
|
Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_2022_BAB VI.pdf Download (661kB) |
|
Text
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi yang berlangsung dua tahun terakhir ini secara tidak langsung semakin mempercepat penerapan praktik Pendidikan Era 4.0 melalui perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih. Pelaku dunia pendidikan didorong untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini. Perkembangan teknologi yang kini menghadirkan ‘era baru’ yaitu era digital menjadi sarana yang membantu terwujudnya blended learning, khususnya pada mata kuliah praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta. Blended learning adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan, mencampurkan, mengombinasikan sistem pendidikan konvensional dengan sistem pendidikan berbasis digital. Tentunya perubahan metode pembelajaran ini menimbulkan berbagai macam effort dan tantangan baru yang harus dihadapi, salah satunya dalam pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini merupakan upaya pengembangan dari penggunaan media blended learning dengan memanfaatkan google site. Google site dikembangkan dengan merujuk pada media pembelajaran berbasis smartphone agar ‘ramah guna’, artinya dapat dengan mudah digunakan atau diakses oleh mahasiswa dan dosen. Google site menjadi alternatif media pembelajaran daring khususnya pada kuliah praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta karena ‘ramah guna’ (fleksibel, mudah diakses/dioperasikan, berbasis smartphone), memiliki fitur-fitur yang memadai, memiliki desain yang menarik-sistematis, dan tidak membutuhkan biaya besar (free access). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dan kuisioner. Jenis datanya adalah data kuantitatif yang diolah dengan menggunakan metode survey, komparatif, dan deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori symbol system, e-learning, dan blended learning dalam pengembangan google site. Hasil dari penelitian ini berupa laporan, jurnal, dan media pembelajaran blanded learning menggunakan google site yang telah dikembangkan dengan menambahkan fitur interaktif. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) penelitian ini diharapkan mampu mencapai level 1 s.d 3 dengan pemanfaatan media pembelajaran blended learning berbasis smartphone menggunakan google site sebagai sebuah produk yang telah dikembangkan.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91611#KARAWITAN | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pandemi, blended learning, Google site | ||||||
Subjects: | Karawitan | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | ||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:25 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:25 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13949 |
Actions (login required)
View Item |