Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta

Satriya Hadi Prayogo, 1011460013 (2016) Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
4 penutup.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
5 lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karakter siswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudah sepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikembangkan oleh seorang ahli pendidikan musik Jepang yang bernama Shinichi Suzuki. Metode ini sangat populer dan mudah diterapkan. Oleh karena itu, metode ini digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikuler biola di SD Teruna Bangsa. Guru memil ih menerapkan Metode Suzuki karena metode ini mudah dipahami dan dilaksanakan. Pembelajaran biola bagi anak-anak ekstrakurikuler biola di SD Teruna Bangsa Yogyakarta menggunakan repetoar lagu anak Indonesia untuk memperkaya materi dalam Metode Suzuki tersebut. Untuk lagu anak Indonesia dipilih sebagai media, karena sudah sangat dekat dengan anak-anak Indonesia yaitu Lagu Kasih Ibu. Melalui lagu-lagu anak tersebut anak akan belajar untuk mengenal dan meresapkan dalam hati sehingga akan terbawa dalam semangatnya. ketertarikan siswa tersebut akan menumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran tersebut kiranya dapat ditunjang dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Diharapkan dapat menarik minat anak-anak untuk belajar biola dan berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar biola. Siswa yang belajar menggunakan Metode Suzuki juga cepat dalam menerima dan memahami materi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Satriya Hadi Prayogo, 1011460013UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : 1. Hari Martopo 2. Kristiyanto Christinus
Uncontrolled Keywords: Metode Suzuki, Pembelajaran, Ekstrakurikuler Biola
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:19
Last Modified: 20 Mar 2017 07:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item