Pramono, Bambang and Febriyantoko, Danang and Mulya Aliza Putri, Sri (2021) Assesment Metode RULA Pada Desain Furniture Sektor Publik di Yogyakarta. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Desain Interior FSR ISI Yogyakarta.
Text
FULL TEKS Bambang Pramono.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN Bambang Pramono.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB VI KESIMPULAN Bambang Pramono.pdf Download (139kB) |
|
Text
LAMPIRAN Bambang Pramono.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penyelenggara pelayanan publik seperti mengalami shock dalam memberikan pelayanan publik di tengah wabah Covid 19, meskipun protokol kesehatan telah di berlakukan namun tetap saja perlu perbaikan dan pembenahan baik dari segi sistem palayanan maupun desain interior layanan publik. Beberapa solusi dan inovasi yang terkesan mendadak menjadi solusi singkat salah satunya dengan menerapkan kursi kosong yang di beri jarak untuk meminimalisir kontak langsung antar warga, meja layanan yang diberi sekat mika plastik, hingga ruanganruangan yang diberi partisi semi permanen. Penelitian ini dilatar belakangi pada sesuatu yang ingin diungkapkan dari hasil pengamatan pada beberapa furniture publik yang berada di ruang publik sebagai sarana beraktifitas bagi masyarakat di era pandemi Covid 19, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan fakta-fakta baru bagaimana furmiture publik diterapkan pada masa pandemi serta mengembangkan pengetahuan yang ditemukan pada saat melakukan penelitian di lapangan yang hasilnya akan diinformasikan pada dunia pendidikan, dunia profesi dan masyarakat pada umumnya. Fenomena desain interior dan elemen pengisi ruang pelayanan publik merupakan hal yang menarik untuk dikaji lebih jauh, sektor pelayanan publik bertujuan mensejahterakan kehidupan masyarakat dalam pemenuhan kepentingan sehari-hari. Aspek ergonomi serta antropometri menjadi hal penting dalam mengkaji penerapan desain furniture pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 agar aktifitas pelayanan publik tersebut dapat tetap beroperasi dengan efektif, nyaman, aman dan efisien selama masa pandemi ini. Data serta kajian mengenai dimensi, ukuran dan bahan furniture yang dipakai pada fasilitas publik merupakan muara dalam membedah kasus desain interior pelayanan publik di Yogyakarta. Untuk memberi ulasan mengenai antropometri terutama dalam memperoleh data mengenai posture kerja baik bagi pemberi jasa pelayanan publik maupun penerimanya digunakan assessment dengan metode RULA (Rapid Upper Limp Assesment), metode ini digunakan untuk menginvestigasi dan menilai posisi kerja yang dilakukan oleh tubuh bagian atas, seperti mengangkat, menarik, menulis, membaca, dan lain sebagainya. Pelayanan publik di kota Yogyakarta sebagai salah satu tempat yang memfasilitasi pelayanan publik beraktifitas bagi masyarakat, perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius mengingat kondisi pandemic yang sampai saat ini masih berlangsung namun proses pemenuhan kebutuhan publik harus tetap berjalan. Fasilitas publik yang merupakan elemen interior berupa tempat duduk, meja layanan dan lainnya memiliki peranan penting dalam kegiatan pelayanan publik, penelitian ini akan menginvestigasi furniture pelayanan publik yang hasilnya akan dijadikan pedoman untuk memeberikan usulan desain furniture pelayanan publik di masa pandemi
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode RULA, desain furniture, sektor publik, Yogyakarta | ||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | ||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | ||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2023 12:08 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2023 12:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14208 |
Actions (login required)
View Item |