Avriel Hermanus, Shanice (2023) Perancangan Interior Popay Satori Montessori School dengan Konsep Learning Through Nature. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Shanice Avriel Hermanus_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
||
Text
Shanice Avriel Hermanus_2023_BAB 1.pdf Download (11MB) |
||
Text
Shanice Avriel Hermanus_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (2MB) |
||
Other (Gambar Kerja)
Shanice Avriel Hermanus_2023_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Image
Shanice Avriel Hermanus_2023_LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
Video
maxresdefault.jpg Download (110kB) | Preview |
|
Text
Shanice Avriel Hermanus_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (148kB) |
Abstract
Popay Satori Montessori School merupakan salah satu sekolah anak di Jakarta yang menggunakan metode pembelajaran khusus, yaitu metode Montessori. Metode ini didasarkan pada aktivitas belajar mandiri, pembelajaran langsung, dan kolaboratif bermain. Dalam menciptakan metode pembelajaran Montessori, kurikulum harus ditempatkan dalam sebuah lingkungan yang terstruktur bagi anak-anak. Untuk itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait pembelajaran Montessori, salah satunya adalah peran alam dalam proses pertumbuhan anak. Alam dipercaya dapat membantu merangsang keingintahuan dan eksplorasi diri, serta memberikan pengalaman sensori yang nyata kepada mereka. Lokasi Popay Satori Montessori School yang berada dalam gedung apartemen membatasi anak-anak untuk bereksplorasi dengan alam secara bebas karena tidak memiliki area taman/outdoor yang memadai. Kurangnya pencahayaan alami juga menjadi permasalahan pada sekolah ini. Mengusung tema Learning Through Nature, perancangan ini diharapkan dapat menghadirkan suasana alam pada interior sekolah, dengan mengimplementasikan unsur-unsur alam pada suasana ruang, pemilihan material, warna, dan tekstur, elemen pembentuk ruang, tata kondisional ruang, serta elemen dekoratif interior. Perancangan ini diharapkan dapat menghadirkan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan interaktif, serta aman dan nyaman, untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi manusia seutuhnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAININTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Desain Interior Sekolah, Metode Montessori, Gedung Apartemen, Suasana Alam | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | SHANICE AVRIEL HERMANUS | |||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2023 11:27 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 11:27 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14302 |
Actions (login required)
View Item |