Rizki Saputra, Maulana (2023) Gandang Tigo dalam Bararak Pesta Perkawinan di Nagari Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam Sumatera Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Maulana Rizki Saputra_2023_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Maulana Rizki Saputra_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Maulana Rizki Saputra_2023_PENUTUP.pdf Download (721kB) |
|
Text
Maulana Rizki Saputra-2023-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Video
ACARA NINIAK MAMAK.rar Restricted to Repository staff only Download (115MB) | Request a copy |
|
Video
Arak-Arakan Gandang Tigo.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
Abstract
Gandang Tigo merupakan jenis alat musik perunggu, berbentuk seperti canang yang memiliki karakteristik bunyi tersendiri. Nama Gandang Tigo merupakan wujud falsafah orang Minangkabau yaitu, luhak nan tigo. Selain sebagai wujud falsafah, Gandang Tigo memiliki peran dalam bararak pesta perkawinan. Sehingga muncul rumusan masalah mengenai bagaimana struktur pola permainan Gandang Tigo dan apa peran Gandang Tigo dalam acara bararak pesta perkawinan di Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Penelitian terhadap fenomena Gandang Tigo, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Etnomusikologis. Adapun teknik pengumpulan data meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Teori untuk membedah struktur pola permainan Gandang Tigo menggunakan teori William P Malm, yang meliputi dua aspek musikal yaitu aspek waktu terdiri dari tempo, pola ritme, meter, dan aspek melodi terdiri dari Scale, Pitch Center, Range, Frequency of Notes, dan Prevalent Interval. Teori untuk membedah peran Gandang Tigo menggunakan teori Sheldon Stryker yaitu peran dan konsep diri (interaksi simbolik). Berdasarkan hasil penelitian mengenai struktur pola permainan Gandang Tigo dalam bararak pesta perkawinan dapat diketahui bahwa diawali, dibuka dan diakhiri dengan pola gandang induak dengan pitch paling rendah, kemudian disambut dengan pola gandang tangah dan pola gandang anak. Gandang Tigo dalam bararak pesta perkawinan memiliki peran sebagai penentu strata sosial, penentu identitas, menciptakan suasana, dan sebagai penggerak/penuntun jalannya bararak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gandang Tigo, bararak pesta perkawinan, struktur pola, dan peran. | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Maulana Rizki Saputra | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:21 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14402 |
Actions (login required)
View Item |