Wahyu Tesalonika Purba, Ravi (2023) Eksistensi Orkes Keroncong Tresnawara di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
RAVI WAHYU TESALONIKA PURBA_2023_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
RAVI WAHYU TESALONIKA PURBA_2023_BAB I (1)_watermark.pdf Download (578kB) |
|
Text
RAVI WAHYU TESALONIKA PURBA_2023_BAB IV (1)_watermark.pdf Download (439kB) |
|
Text
RAVI WAHYU TESALONIKA PURBA_2023_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Image
Ravi Wahyu Tesalonika Purba_Persetujuan Publikasi_2023.jpg Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena musik keroncong yang ada di Yogyakarta. Dalam perkembangannya musik keroncong sampai pada tiga bentuk pakem yaitu keroncong asli, langgam, dan stambul dengan bentuk formasi umum yaitu flute, biola, cak (banyo), cuk (ukulele), gitar, cello, dan bass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi Orkes Keroncong Tresnawara di Yogyakarta ditinjau dari aspek musikal dan non-musikal dengan beberapa faktor didalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat memberi manfaat praktis yaitu agar masyarakat umum dapat lebih mengenal serta ikut dalam melestarikan musik keroncong dan manfaat teoritis yaitu dapat menjadi ilmu pengetahuan, referensi, atau acuan dalam melakukan penelitian sejenis berikutnya. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dari Sugiyono dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pengolahan data dan analisis data. Penelitian ini menggunakan konsep eksistensi dan kreativitas sebagai landasan teorinya. Pembahasan dalam penelitian ini diperoleh dari data verbatim hasil wawancara terpusat pada narasumber yang kemudian dikembangkan menjadi karya tulis berupa paragraf-paragraf agar lebih mudah untuk dipahami. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Orkes Keroncong Tresnawara berhasil untuk tetap eksis di Yogyakarta karena didukung oleh dua aspek, yaitu aspek musikal yang meliputi permainan instrumen, pembawaan vokal, dan perluasan instrumen juga disertai dengan aspek non-musikal yang meliputi visual pemain musik dan manajemen kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | eksistensi, Orkes Keroncong Tresnawara, musikal, non-musikal | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Ravi Wahyu Tesalonika Purba | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:50 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:50 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15183 |
Actions (login required)
View Item |