Perancangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Dengan Pengenalan Budaya Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Prima Dona Hapsari, NIP 197712082010122001 (2016) Perancangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Dengan Pengenalan Budaya Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. In: Pertemuan Ilmiah Tahunan BIPA (PITABIPA), 2016, Jakarta-Bali.

[img]
Preview
Text
Front Matters.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.acid

Abstract

Penelitian berjudul Perancangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dengan Pengenalan Budaya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta bertujuan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang timbul dan dialami oleh para penutur asing yang tergabung dalam program Darmasiswa RI ketika mereka belajar bahasa Indonesia dan budaya lokal pada awal mereka datang ke Indonesia. Permasalahan-permasalahan tersebut adalah: apakah pengetahuan tentang budaya Jawa, dalam hal ini perilaku dan tradisi Jawa, yang diperkenalkan kepada para penutur asing lewat pembelajaran bahasa Indonesia dapat memperkuat pemahaman lintas budaya? Dan bagaimanakah budaya Jawa, dalam hal ini seni tradisi Jawa, di Yogyakarta sebagai bagian dari budaya Indonesia diperkenalkan dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas penutur asing? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hal ini disebabkan karena penelitian ini memberikan deskripsi berdasarkan hasil kenyataan yang ada di lapangan, kemudian menyajikan temuan tersebut dalam bentuk deskriptif analitik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka, observasi, dan wawancara. Responden atau informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Darmasiswa sebanyak delapan orang yang mewakili populasi mahasiswa asing di Institut Seni IndonesiaYogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar responden atau informan yang sedang mengikuti program Darmasiswa RI dan reguler di ISI Yogyakarta dan belajar bahasa Indonesia di kelas BIPA sangat memberikan respon positif dan memberikan pendapat mereka tentang kekayaan budaya dan seni tradisi Jawa yang mereka jumpai dan kenal. Hasil dari análisis ini kemudian dipergunakan oleh peneliti untuk membuat rancangan materi pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang memuat unsur budaya dan tradisi Jawa secara menarik dan mengandung esensi pemahaman lintas budaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsNIM
Prima Dona Hapsari, NIP 197712082010122001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Darmasiswa, budaya, pemahaman lintas budaya, dan bahasa Indonesia
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 May 2017 03:26
Last Modified: 04 May 2017 03:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item