Upaya Konservasi Sumber Daya Air Oleh Kelompok Penghayat Kepercayaan di Dusun Suruh Dalam Penyutradaraan Film Dokumenter Etnografi Spirit Pohgati

Lana Fadli, Baarik (2023) Upaya Konservasi Sumber Daya Air Oleh Kelompok Penghayat Kepercayaan di Dusun Suruh Dalam Penyutradaraan Film Dokumenter Etnografi Spirit Pohgati. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Baarik Lana Fadli_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
Baarik Lana Fadli_2023_BAB 1.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Baarik Lana Fadli_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Baarik Lana Fadli_2023_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Video
Baarik Lana Fadli_2023_LAMPIRAN 1.mp4

Download (69MB)
[img] Video (Baarik Lana Fadli_2023_LAMPIRAN 2)
watch_v=DIUgeWet_9g - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
Baarik Lana Fadli_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=DIUgeWet_9g

Abstract

Film dokumenter etnografi “Spirit Pohgati” mengangkat tentang Paguyuban Trah Pohgati yang melakukan program konservasi sumberdaya air akibat krisis air bersih yang terjadi di Dusun Suruh, Desa Wonorejo. Upaya tersebut dipimpin oleh Edi Santoso yang dilakukan bersama sesepuh paguyuban yaitu Katijo dan Adam, seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Konservasi sumberdaya air dilakukan akibat surutnya sumber mata air dan mati nya pohon-pohon endemik yang bersifat menyimpan air di Desa Wonorejo. Selain itu, kegiatan konservasi juga sebagai bentuk pengamalan dari pilar keyakinan Paguyuban Trah Pohgati yaitu hormat alam, hormat leluhur, dan raket paseduluran. Film ini dibuat dengan metode etnografi dan gaya observasional yang bersifat observasi partisipasi dimana dokumentaris tak hanya mengamati masyarakat yang akan diteliti, namun juga berupaya untuk menyatu dalam kehidupan sosio-kultural mereka. Pengamatan yang dilakukan meliputi pola perilaku, keyakinan, bahasa lokal, dan nilai kultural yang dianut dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil karya yang telah diwujudkan dapat disimpulkan bahwa konservasi sumberdaya air oleh Paguyuban Trah Pohgati bertujuan untuk mengembalikan bentuk alam di Desa Wonorejo seperti semua, semata-mata untuk mengamalkan pilar hormat alam, dan demi anak cucu di masa depan. Berdasarkan metode etnografi dalam mengumpulkan data yang diperoleh melalui deep interview hingga participant observatory sebagai ciri khas dari metode etnografi dengan gaya observasional. Sebagai pembacaan yang lebih luas, permasalahan air hari ini adalah permasalahan bersama yang perlu ditelaah dari berbagai aspek sebagai upaya melawan perubahan iklim global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Lana Fadli, Baarik1710877032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyasmoro, Agnesnidn0006057806
UNSPECIFIEDArya Dhipayana, Gregoriusnidn0021088203
Department: KODEPRODI91261#TELEVISIDANFILM
Uncontrolled Keywords: Krisis Air bersih, Konservasi Sumberdaya Air, Paguyuban Trah Pohgati, Dokumenter Etnografi
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Baarik Lana Fadli
Date Deposited: 07 May 2024 04:14
Last Modified: 07 May 2024 04:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item View Item