Penerapan Improvisasi Saksofon Alto Menggunakan Pendekatan Pentatonik dan Chordal Pada Lagu Mr. Magic Karya Grover Washington

Maynanta Ginting, Maykel (2024) Penerapan Improvisasi Saksofon Alto Menggunakan Pendekatan Pentatonik dan Chordal Pada Lagu Mr. Magic Karya Grover Washington. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Maykel Maynanta Ginting_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Maykel Maynanta Ginting_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (721kB)
[img] Text
Maykel Maynanta Ginting_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Maykel Maynanta Ginting_2024_Surat Peryataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (336kB)
Official URL: https://youtu.be/Pr0Var7ZNUw?feature=shared

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang penerapan Improvisasi saksofon alto menggunakan pendekatan pentatonik dan chordal pada lagu Mr. Magic Karya Groover Washington. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan improvisasi pentatonik dan chordal pada lagu Mr. Magic Karya Groover Washington. Improvisasi menggunakan pentatonik dan chordal merupakan bagian dari materi saat berimprovisasi seiring perkembangan musik jazz banyak perubahan yang dilakukan saat berimprovisasi dan banyak juga para musisi yang bingung untuk memulai langkah awal saat berimprovisasi. Meskipun berimprovisasi dilaksanakan secara spontan para improvisator harus paham tentang chord progression dan tangga nada yang dimainkan sehingga tidak terdengar sembarangan saat berimprovisasi. Penulisan ini ditujukan untuk pemain saksofon yang kesulitan saat memulai improvisasi dan memiliki panduan dalam berimprovisasi menggunakan pentatonik dan chordal. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses yang dilakukan melalui pengumpulan data (buku, jurnal, video, wawancara) analisis, eksplorasi, latihan dengan grup (combo) dan evaluasi. Hasil penerapan improvisasi pendekatan pentatonik dan chordal pada lagu Mr. Magic yang berhasil diterapkan yakni penggunaan pentatonik blues, altered scale pentatonik, pentatonik shifting, dorian, lydian, chromatic approach notes dan teknik- teknik artilukasi trills, altissimo, staccato. Adanya penelitian dalam berimprovisasi pentatonik dan chordal dapat dijadikan langkah awal untuk memulai improvisasi dan dapat digabungkan untuk memperbanyak kalimat saat berimprovisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maynanta Ginting, Maykelnim19002130134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSanjaya, Singgihnidn0007096209
ContributorT.Adriaan, Josiasnidn0016016102
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: penerapan, konsep improvisasi, saksofon alto, pentatonik, chordal
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Maykel Maynanta Ginting
Date Deposited: 27 May 2024 07:51
Last Modified: 28 May 2024 04:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item