Ratri Probosini, Agustina and Permata Heldisari, Hana and Erlinda Noti, Elfrida (2023) Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Projek Gelar Karya Berbasis Seni Pertunjukan Pada Program Asistensi Mengajar. UPT Perpustakaam ISI Yogakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Agustina Ratri Probosini.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rekatnya unsur pendidikan dan kebudayaan yang dapat dikandung oleh sebuah pertunjukan membuat kesenian ini dipertahankan dan dilestarikan salah satunya melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek ini merupakan salah satu pembahasan dalam Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah dasar hingga sekolah menengah. Tujuan P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, dengan mewujudkan pelajar sepanjang hayat yangkompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. SMP Taman DewasaJetis dalam P5 pada tahun 2023 mengusung kegiatan pementasan drama. Adapun temayang diambil adalah gaya hidup berkelanjutan dengan dimensi bernalar kritis danberkebhinekaan global. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanproyek gelar karya berbasis seni pertunjukan dan perannya terhadap penguatan profilpelajar Pancasila melalui program asisten mengajar. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melaluiwawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi berupavideo karya yang divalidasi melalui triangulasi teknik dan sumber dari peserta asistenmengajar, guru pendamping proyek, dan siswa pelaksana proyek. Analisis datamenggunakan model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulandata, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian diharapkandapat memberikan gambaran terhadap salah satu cara untuk mewujudkan penguatan profil pelajar Pancasila melalui seni pertunjukan.Penelitian ini berada pada TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) level 3 yaitupembuktian konsep (proof-of-concept) fungsi dan/atau karakteristik profil pelajarPancasila secara analitis dan eksperimental. Hasil penelitian akan dipublikasikan padasalah satu jurnal ilmiah terakreditasi Dikti yaitu jurnal Dwija Cendekia (SINTA 3) dandipaparkan di seminar internasional ICLIQE #3.
Item Type: | Other | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pelajar Pancasila, seni pertunjukan, asistensi mengajar | ||||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:22 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16733 |
Actions (login required)
View Item |