Animasi Motion Graphic sebagai Pencegahan Judi Online

Wicaksono, M. Alif (2024) Animasi Motion Graphic sebagai Pencegahan Judi Online. Masters thesis, Pascasarjana ISI Yogyakarta.

[img] Text
M Alif Wicaksono_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
M Alif Wicaksono_2024_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M Alif Wicaksono_2024_BAB 5.pdf

Download (5MB)
[img] Video
M Alif Wicaksono_2024_Part 1 compress JUDI GACOR BIKIN HIDUP HANCUR.m4v
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img] Text
M Alif Wicaksono_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Judi online merupakan fenomena yang terus meningkat setiap tahunnya. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan bahwa dari 2017-2022 terdapat perputaran dana terkait judi online mencapai Rp. 190.265.249.786.831 (Rp 190 triliun). Pelaku judi online terdapat dari berbagai kalangan yang salah satunya adalah pelajar. Patut disayangkan seorang pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa dapat rusak karena adanya judi online. Tujuan dari penelitian ini untuk memberi kesadaran akan dampak negatif judi online dari segi psikologis dan hukum. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu teori teknis dan non teknis. Pada bagian teknis terdapat teori mengenai animasi dari Frank Thomas dan Ollie Jhonson, motion graphic dari Gallagher dan Paldy, kemudian terdapat teori mengenai desain grafis seperti ilustrasi, warna, layout, tipografi. Sedangkan pada bagian non teknis terdapat teori kognitif sosial dari albert bandura, teori komunikasi visual dari Sukirno, dan teori retorika visual dari Josephson, Kelly, dan Smith. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah design thinking dari Tim Brown. Design thinking merupakan metode penyelesaian masalah yang berfokus pada target sasar, metode ini terdiri dari 5 tahap, yakni: empathize, define, ideate, prototype dan test. Dalam prosesnya penulis melakukan pengumpulan data melalui survei, observasi, dan wawancara kepada pihak terkait. Perancangan komunikasi visual ini menghasilkan sebuah media dalam penyampain pesan, yakni video animasi motion graphic sebgai media utama, serta poster, sticker, kaos dan X-banner sebagai media pendukung. Hasil uji media terhadap penilaian target sasar menghasilkan tingkat kreatif dan informatif sangat baik. Adapun temuan yang didapatkan dalam perancangan ini dari segi topik dan teknik. Dari segi topik, dampak psikologi akibat judi online merupakan hal yang sangat signifikan dampaknya. Dari segi teknik, target sasar menyukai gaya ilustrasi dengan penggunaan rough brush, karena terlihat lebih ekspresif. Perancangan video animasi motion graphic sebagai pencegahan judi online, merupakan sebuah upaya menjaga generasi bangsa agar tidak terjerumus pada hal yang berdampak buruk.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wicaksono, M. Alifnim2221442411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
Department: Penciptaan dan Pengkajian Seni
Uncontrolled Keywords: animasi motion graphic, upaya pencegahan, judi online, pelajar.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: M Alif Wicaksono
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:09
Last Modified: 30 Jul 2024 05:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item