Farazhafira, Nabila (2024) “딸 (DDAL)” (Anak Perempuan) Komposisi Musik Berdasarkan Genre MIXXPOP Dengan Konsep Pertunjukan Langsung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
NABILA FARAZHAFIRA_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
NABILA FARAZHAFIRA_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
NABILA FARAZHAFIRA_2024_BAB V.pdf Download (280kB) |
||
Audio
NABILA FARAZHAFIRA_2024_KARYA.wav Restricted to Repository staff only Download (182MB) | Request a copy |
||
Text
NABILA FARAZHAFIRA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (124kB) |
||
|
Video (VIDEO KARYA)
maxresdefault.jpg Download (168kB) | Preview |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
NMIXX adalah grup K-Pop yang memopulerkan istilah genre baru, yaitu MIXXPOP. Karya musik bergenre MIXXPOP adalah karya musik yang memiliki banyak genre di dalamnya. NMIXX dalam membawakan karya bergenre MIXXPOP selalu diiringi dengan timbre digital yang sudah didesain secara waktu meskipun sudah diiringi oleh instrumen ansambel band, bahkan tiup logam. Hal ini mendorong penulis untuk membuat karya bergenre MIXXPOP dengan konsep pertunjukan langsung, tanpa menggunakan timbre digital yang sudah didesain secara waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengolah dan mengetahui jenis timbre digital yang dapat diolah sehingga genre MIXXPOP dapat dibawakan dengan konsep pertunjukan langsung. Karya musik yang penulis buat berjudul “딸” (romanisasi: ddal). Karya musik “딸” yang dibuat dalam format orkestra dan ansambel band ini disusun dengan metode eksploratif. Prosesnya meliputi observasi pada penampilan NMIXX saat membawakan lagu bergenre MIXXPOP, eksplorasi metode yang sudah ada sebelumnya, penentuan konsep, penentuan timbre digital yang akan diolah, dan pengolahannya untuk dapat dimainkan dalam format orkestra serta ansambel band dengan konsep pertunjukan langsung. Timbre digital yang dipertahankan NMIXX dalam pertunjukan mereka adalah timbre digital yang berfungsi sebagai filler, pad, dan sound effects. Penulis kemudian mengupayakan untuk mengolah timbre digital tersebut agar dapat dimainkan oleh instrumen orkestra dan ansambel band berkonsep pertunjukan langsung dengan cara memaksimalkan instrumentasi yang digunakan, utamanya dari segi teknik dan jangkauan suara. Pada akhirnya, timbre digital yang dipertahankan NMIXX dalam pertunjukan mereka semuanya dapat diolah sehingga genre MIXXPOP dapat dibawakan dengan konsep pertunjukan langsung menggunakan instrumen orkestra dan ansambel band.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | MIXXPOP, orkestra, pertunjukan langsung, timbre digital | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Nabila Farazhafira | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 06:37 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:37 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16982 |
Actions (login required)
View Item |