Pengaruh Musik Relaksasi Pada Saat Wening Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII Di SMP Eksperimental Mangunan Yogyakarta

Kinasih, Agnes (2024) Pengaruh Musik Relaksasi Pada Saat Wening Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII Di SMP Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Agnes Arninda Kenyo Kinasih_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
Agnes Arninda Kenyo Kinasih_2024_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Agnes Arninda Kenyo Kinasih_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (916kB)
[img] Text
Agnes Arninda Kenyo Kinasih_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dalam mengelola dan mengendalikan emosi, memotivasi diri, empati dan simpati. Banyak orang yang masih sulit dalam mengelola dan mengendalikan emosi. Untuk membangun kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik relaksasi pada saat wening terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan jenis penelitian causal comparative research. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 subjek yaitu subjek utama dan subjek pembanding. Subjek utama pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Eksperimental Mangunan Yogyakarta, sedangkan subjek pembanding adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon. Teknik pengambil sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 70 siswa,sedangkan di SMP Negeri 3 Sewon menggunakan siswa yang berjumlah 62 siswa, karena mengikuti jumlah penelitian utama. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner kecerdasan emosional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner ini dibagikan pada siswa kelas VII SMP Eksperimental Mangunan yang berjumlah 70 siswa dan SMP Negeri 3 Sewon yang berjumlah 62 siswa. Teknik analisis data ini menggunakan uji t-test untuk melihat perbedaan dan menentukan hipotesis pada penelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa uji t-test memperoleh hasil t hitung 0,713 < t tabel 1.657 atau nilai signifikansi 0,477 > 0,05, maka dapat dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga hasil hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi “Pengaruh Musik Relaksasi Pada Saat Wening Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII di SMP Eksperimental Mangunan” ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kinasih, Agnesnim20102690132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
ContributorWarsono, Warsononidn0003018408
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Musik Relaksasi; Kecerdasan Emosional; SMP Eksperimental Mangunan
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Agnes Arninda Kenyo Kinasih
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:04
Last Modified: 31 Jul 2024 04:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item