Representasi Budaya Keraton Yogyakarta Dalam Patung Bedhaya Kinjeng Wesi Karya Ichwan Noor

Permata Sari, Jessica (2024) Representasi Budaya Keraton Yogyakarta Dalam Patung Bedhaya Kinjeng Wesi Karya Ichwan Noor. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Jessica Permata Sari_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Jessica Permata Sari_2024_BAB 1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Jessica Permata Sari_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Jessica Permata Sari_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Tulisan ini merupakan representasi budaya Keraton Yogyakarta yang diwujudkan dalam patung “Bedhaya Kinjeng Wesi “ oleh seorang seniman yakni Ichwan noor. Seniman pembuat karya ini mengeksplorasi tarian Bedhaya Semang Yogyakarta sebagai sumber ide penciptaan karyanya. Karya patung Bedhaya Kinjeng Wesi memberikan unsur sentuhan budaya Keraton Yogyakarta secara latar belakang karya dengan budaya tarian Bedhaya Keraton Yogyakarta dan mengaplikasikan unsur estetika dalam Teori A.A.M. Djelantik dengan memenuhi tiga aspek mendasar dalam karya seni, yakni: Wujud (rupa), Bobot (isi), dan Penampilan (penyajian). Selain itu juga menerapkan prinsip-prinsip seni rupa yakni penggunaan garis, bidang, warna, bentuk dan lainnya yang dikomposisikan dengan baik. Karya patung Bedhaya Kinjeng Wesi karya Ichwan Noor dimaknai sebagai bidadari yang turun ke bumi sebagai simbolisasi gerakan pesawat terbang dan visualisasi gerakan tari Bedhaya Kinjeng Wesi. Puluhan bidadari atau penari berwarna perak tersebut luwes menari sebagai wujud sambutan hangat dari Yogyakarta. Karya ini menyajikan bentuk penari dengan bagian tubuh yang berbeda-beda sebagai bentuk futurisme untuk menunjukkan gerak simultan di dalam karya patung. Selain itu, sayap-sayap pada penari mempresentasikan bentuk capung atau kinjeng. Jadi hanya sekedar aksentuasi dari kinjeng wesi yang diartikan serangga yang bisa terbang. Karya ini menunjukkan bagaimana pesawat udara menjadi bagian dari konsep karya itu sendiri jadi seolah-olah pesawat itu adalah capung yang terbuat dari logam yang bisa melayang atau terbang sehingga ditambahkan objek sayap sebagai simbol dari kinjeng yang dibuat dengan konsep yang menyatu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Permata Sari, Jessicanim1812838021
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahmadillah, Itsnataininidn0030108505
ContributorRain Rosidi, Muhammadnidn002606306
Department: KODEPRODI90201#SENI MURNI
Uncontrolled Keywords: Representasi, Budaya, Keraton, Ichwan Noor
Subjects: Seni Murni > Seni Patung
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Patung
Depositing User: Jessica Permata Sari
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:39
Last Modified: 31 Jul 2024 02:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item