Eksplorasi Lagu Pop Sebagai Strategi Peningkatan Ear Training Pembelajaran Piano Pop Di Nawank Music Course Bantul

Sukma Riswari, Titis (2024) Eksplorasi Lagu Pop Sebagai Strategi Peningkatan Ear Training Pembelajaran Piano Pop Di Nawank Music Course Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Titis Sukma Riswari_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Titis Sukma Riswari_2024_BAB1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Titis Sukma Riswari_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Titis Sukma Riswari_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Ear training merupakan salah satu aspek solfeggio yang menjadi fondasi dalam belajar musik, salah satunya dalam pembelajaran piano pop. Untuk mengembangkan kemampuan ear training, diperlukan strategi yang sesuai agar kemampuan ear training siswa mengalami peningkatan yang optimal. Pembelajaran piano pop di Nawank Music Course Bantul menggunakan strategi eksplorasi lagu pop digunakan untuk mengoptimalkan perkembangan ear training siswa. Nawank Music Course merupakan lembaga kursus musik yang menyediakan kursus dengan berbagai instrumen, salah satunya adalah piano pop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil strategi eksplorasi lagu pop dalam meningkatkan kemampuan ear training pembelajaran piano pop di Nawank Music Course Bantul. Eksplorasi lagu merupakan proses menjelajah untuk meningkatkan pemahaman dari sebuah lagu pop melalui pendekatan auditori atau pendengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi eksplorasi lagu pop berhasil meningkatkan ear training siswa dalam pembelajaran piano pop di Nawank Music Course Bantul. Hasil eksplorasi lagu pop yang telah dilakukan secara bertahap menunjukkan kedua siswa dapat memainkan akor lagu pop dengan baik. Hasil menunjukkan Fayza mampu mengidentifikasi akor lagu Monolog dengan ketepatan akor 85,70% dari keseluruhan akor lagu. Alvaro mampu mengidentifikasi akor lagu Panah Asmara dengan ketepatan akor 80,98% dari keseluruhan akor lagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sukma Riswari, Titisnim20102590132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
ContributorGinandha Sakti, Rezanidn0010118908
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi Lagu, Ear Training,Piano Pop
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Titis Sukma Riswari
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:26
Last Modified: 01 Aug 2024 06:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17323

Actions (login required)

View Item View Item