Metode Drill: Pengembangan Motorik Halus Siswa Tunagrahita Dalam Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SLB-C PGRI Minggir

Putri Maharani, Diza (2024) Metode Drill: Pengembangan Motorik Halus Siswa Tunagrahita Dalam Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SLB-C PGRI Minggir. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Diza Putri Maharani_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Diza Putri Maharani_2024_BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Diza Putri Maharani_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Diza Putri Maharani_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui metode drill yang diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik pada siswa tunagrahita di SLB-C PGRI Minggir. SLB-C PGRI Minggir merupakan sekolah swasta yang menampung anak-anak berkebutuhan khusus, terutama anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki kemampuan daya pikir sekaligus daya ingat yang sangat lemah. Hal ini berpengaruh dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni musik yang membutuhkan konsentrasi penuh. Metode Penelitian yang digunakan ialah Kualitatif Diskriptif dengan pendekatan studi kasus pada siswa tungrahita dalam pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB-C PGRI Minggir. Hal tersebut dilakukan dengan pengamatan dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB-C PGRI Minggir secara langsung dan wawancara secara mendalam dengan guru pengampu ekstrakurikuler musik. Studi Literatur yang mencakup penelitian terdahulu dan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini membantu dalam proses hasil dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill yang dilakukan untuk meningkatkan motorik siswa tunagrahita, terlihat dari perubahan kemajuan yang bertahap secara positif dalam keterampilan memainkan alat musik sekaligus peningkatan level ingatan siswa dan keterlibatan siswa dalam memainkan repertoar lagu. Penerapan metode drill terbukti dengan peningkatan dalam keterampilan motorik memegang alat musik, koordinasi gerakan tangan dalam memainkan alat musik pianika, keyboard dan bass drum, serta kemampuan memainkan lagu oleh siswa lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putri Maharani, Dizanim20102600132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Ekstrakurikuler Musik, Metode Drill, Motorik Halus
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Diza Putri Maharani
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:23
Last Modified: 01 Aug 2024 07:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

View Item View Item