Pengaruh Gejala Palpitasi Pada Music Performance Anxiety Terhadap Tempo Pada Permainan “Heller 25 Etude Op. 47 No. 16 In E Major”

Ferdinanda, Lufhi (2024) Pengaruh Gejala Palpitasi Pada Music Performance Anxiety Terhadap Tempo Pada Permainan “Heller 25 Etude Op. 47 No. 16 In E Major”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Lufhi Ferdinanda_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lufhi Ferdinanda_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lufhi Ferdinanda_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lufhi Ferdinanda_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara palpitasi dengan tempo permainan piano, dan cara mengantisipasi gejala palpitasi pada mahasiswa piano klasik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method, di mana dalam penelitian kuantitatif dilakukan pendekatan quasi-experiment dengan interrupted time series design, dan dalam penelitian kualitatif dilakukan studi kasus dengan pendekatan single case study. Data dikumpulkan melalui metode one-group posttest only design dalam pendekatan kuantitatif, dan observasi, wawancara, dan eksperimen dalam pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan melalui rubrik dan non rubrik (survei) pada penelitian kuantitatif, dan didukung dengan data kualitatif melalui focus group discussion (FGD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan negatif antara palpitasi dengan tempo permainan piano, khususnya dalam MPA. Pengaruh positif yang dialami adalah ketika muncul adrenalin saat terbawa euforia bermain piano dan ingin menunjukkan hasil terbaik selama proses latihan yang telah dilewati, sedangkan pengaruh negatifnya adalah kecemasan kerap timbul ketika akan menampilkan permainan, terlebih jika telah melakukan kesalahan di atas panggung. Hal tersebut dapat diatasi dengan latihan intensif dengan guru atau mentor serta rutin menggunakan metronome untuk mengatasi ketepatan tempo. Studi ini memberikan implikasi praktis bagi pembelajar dan pendidik piano klasik untuk mengurasi palpitasi dalam MPA khususnya terhadap tempo pada permainan piano.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ferdinanda, Lufhinim20002510134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjohan, Djohannidn0017126101
ContributorK. Wardani, Indranidn0016049204
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Palpitasi; Music Performance Anxiety; Tempo
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Lufhi Ferdinanda
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:58
Last Modified: 01 Aug 2024 08:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item