Damar Angarasfajar, Naufal (2024) Penyutradaraan Film Dokumenter “Siswo Budoyo Golek Panggung” Menggunakan Gaya Partisipatori sebagai Perwujudan Eksistensi Kelompok Kethoprak Gaya Baru Siswo Budoyo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
NAUFAL DAMAR A_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
||
Text
NAUFAL DAMAR A_2024_BAB 1.pdf Download (5MB) |
||
Text
NAUFAL DAMAR A_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (1MB) |
||
Text
NAUFAL DAMAR A_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
NAUFAL DAMAR A_2024_ PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
|
Video
maxresdefault.jpg Download (133kB) | Preview |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi serta zaman dan diiringi dengan semakin menurunnya minat masyarakat terhadap kesenian tradisional membuat banyak kesenian asli Indonesia lambat laun kehilangan penonton serta pelaku seninya. Hal tersebut tidak terkecuali dirasakan juga oleh kesenian kethoprak, seperti Kelompok Kethoprak Gaya Baru Siswo Budoyo, yang sejak akhir 1990-an telah mengalami penurunan kepenontonan yang cukup drastis, bila dibandingkan masa kejayaannya pada tahun 1980–1990-an. Pada era tersebut kelompok ini setiap harinya dapat melakukan pentas keliling di berbagai daerah di pulau Jawa, dimana sekarang kelompok ini hanya melakukan pementasan apabila terdapat panggilan pentas. Oleh karena adanya permasalahan tersebut, diperlukan adaptasi alih wahana dari media panggung fisik ke media panggung digital yang lebih mudah dijangkau masyarakat. Penciptaan karya film dokumenter “Siswo Budoyo Golek Panggung” bertujuan untuk menunjukkan proses alih wahana ke media digital tersebut yang dilakukan oleh kelompok Siswo Budoyo. Melalui karya film dokumenter ini, diharapkan dapat membuka panggung pementasan baru bagi kelompok kethoprak ini. Karya film dokumenter ini menggunakan gaya penyutradaraan dokumenter partisipatori dimana pembuat film selalu mengikuti dan berinteraksi dengan subjeknya. Dengan adanya partisipasi tersebut, menjadikan film ini memaparkan aspek naratif film secara interaktif dan kasual, namun tetap menyajikan fakta dan esensi film dengan riil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | dokumenter, partisipatori, kethoprak | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Naufal Damar Angarasfajar | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:35 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:35 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17372 |
Actions (login required)
View Item |