Kajian Estetika Musik Multimedia Gilded Runner Dengan Ritmis Fibonacci Karya Yu Peng-Chen Sebagai Soundtrack Game Genshin Impact

Putra Bayu Mukti, Bowie (2024) Kajian Estetika Musik Multimedia Gilded Runner Dengan Ritmis Fibonacci Karya Yu Peng-Chen Sebagai Soundtrack Game Genshin Impact. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bowie Putra Bayu Mukti_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Bowie Putra Bayu Mukti_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bowie Putra Bayu Mukti_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Bowie Putra Bayu Mukti_2024_Surat Peryataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (353kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengangkat karya dengan judul Gilded Runner, yang diciptakan oleh Yu Peng-Chen ditujukan sebagai soundtrack pada game Genshin Impact. Penelitian ini diharapkan mampu mengangkat estetika Gilded Runner, karena memadukan musik etnis Timur-Tengah dan musik klasik. Karya ini dipilih karena di dalamnya terdapat pola bilangan Fibonacci sebagai struktur ritmisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teori estetika dari Hegel, Schopenhauer, dan Hardjana untuk membedah estetika dari karya ini. Hasil penelitian ini secara singkat memiliki kesan yang modern namun seperti tidak menghilangkan spiritualitas dari unsur etnis yang ada di dalamnya, karena menggunakan pola Fibonacci pada struktur sehingga memberi kesan unik dan baru pada saat didengarkan. Ritmis yang abstrak namun menggebu-gebu menjadikan karya ini cocok sebagai musik perang di padang pasir. Kata kunci: Game soundtrack, estetika, pola Fibonacci, Genshin Impact game   Penelitian ini mengangkat karya dengan judul Gilded Runner, yang diciptakan oleh Yu Peng-Chen ditujukan sebagai soundtrack pada game Genshin Impact. Penelitian ini diharapkan mampu mengangkat estetika Gilded Runner, karena memadukan musik etnis Timur-Tengah dan musik klasik. Karya ini dipilih karena di dalamnya terdapat pola bilangan Fibonacci sebagai struktur ritmisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teori estetika dari Hegel, Schopenhauer, dan Hardjana untuk membedah estetika dari karya ini. Hasil penelitian ini secara singkat memiliki kesan yang modern namun seperti tidak menghilangkan spiritualitas dari unsur etnis yang ada di dalamnya, karena menggunakan pola Fibonacci pada struktur sehingga memberi kesan unik dan baru pada saat didengarkan. Ritmis yang abstrak namun menggebu-gebu menjadikan karya ini cocok sebagai musik perang di padang pasir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putra Bayu Mukti, Bowienim20102640131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
ContributorFitria Sa'adah, Annasnip199004022023212050
Department: KODEPRODI91221#SENIMUSIK
Uncontrolled Keywords: Game soundtrack, estetika, pola Fibonacci, Genshin Impact game
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bowie Putra Bayu Mukti
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:14
Last Modified: 05 Aug 2024 02:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item View Item