Giyanti, Giyanti (2012) Motif Kawung Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Busana Kaftan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (58MB) | Request a copy |
Abstract
Motif kawung memiliki keunikan dan kesederhanaan dalam bentuk, yaitu terdiri dari penyusunan motif yang diulang, disusun dan diatur menurut bidang geometris menyaping ataupun fertikal. Motif kawung sebagai karya seni dalam menciptakan busana kaftan. Merupakan perpaduan karya seni antara dua kultur yang berbeda. Berbagai makna dan filosofi yang terkandung didalamnya, menjadikan kawung sebagai motif yang istimewa dalam kehidupan keseharian. Busana kaftan berasal dari Timur Tengah yang berkembang diberbagai negara, dan di Indonesia busana kaftan tidak asing lagi terutama kaum muslim karena telah lama dipergunakan sebagai busana muslimah. Busana kaftan yang berkembang sekarang lebih di dominasi dengan bahan polos tanpa motif sehingga menjadi sebuah tantangan untuk menciptakan karya seni yang berbeda. Metode penciptaan yang digunakan dalam perancangan busana kaftan ini adalah metode pengumpulan data pustaka, metode observasi, dan menggunakan pendekatan estetis, empiris dan ergonomi. Karya hasil dari rancangan ini yang diharapkan menjadi busana kaftan yang nyaman dipakai, fleksibel dan elegan dan tetap mengekpresikan karya seni yang indah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90211#KRIYA SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motif Kawung, Kaftan | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 08:14 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 08:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18056 |
Actions (login required)
View Item |