Galih Permadi, Lingga (2014) Penyutradaraan Film Musikal "Rena Asih" Dengan Pendekatan Resitatif Dan Aria Pada Unsur Opera. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (9MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (62MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia yang terdiri dari berbagai suku memiliki ragam budaya dan seni. Salah satu wilayah yang memiliki kekayaan seni yang adiluhung adalah Jawa. Bukti adiluhungnya budaya yang dimiliki dapat dibuktikan dengan kualitas dan kuantitas produk keseniannya. Film musikal "Rena Asih" adalah film yang berbentuk musikal dengan menggali potensi kesenian lokal/ daerah sebagai jiwa dalam pencapaian musikal, serta sebagai media penyampai pesan sosial. Pesan sosial yang akan disampaikan adalah tentang edukasi kesetiaan dan tanggung jawab yang membutuhkan pengorbanan. Film musikal memiliki elemen pembentuk yaitu dengan unsur-unsur opera. Beberapa unsur tersebut adalah Resitatif dan aria. Resitatif memiliki pemahaman dialog yang dilagukan sedangkan aria merupakan bentuk lagu utuh. Penyutradaraan film musikal "Rena Asih" dengan menggunakan pendekatan unsur resitatif dan aria pada unsur opera ditujukan untuk menambah nilai dramatik adegan, membangun suasana adegan, serta penggambaran perasaan pemain agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh penonton.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Film Musikal, Penyutradaraan, Resitatif, Aria. | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:49 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18359 |
Actions (login required)
View Item |