Konsep Kriya dalam Pendidikan Tinggi Seni Rupa Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta: Sebuah kajian conceptual histories

A. Anzieb, A. Anzieb (2005) Konsep Kriya dalam Pendidikan Tinggi Seni Rupa Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta: Sebuah kajian conceptual histories. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (17MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Konsep sejarah sent kriya dapat dirujuk melalui benda-benda peninggalan warisan nenek moyang. Sejarah itu dapat di tengok dari zaman prasejarah, Hindu, Islam, hingga sekarang, bahwasannya konsep serta kebutuhan seni kriya menyangkut muatan nilai-nilainya sangat jelas, hanya saja bila pengertian dan status seni kriya dianggap masih kabur karena tingkat pemberian pemahaman saja ke masyarakat umum yang masih belum maksimal. Bila keagungan seni kriya pada masa kerajaan terjadi di lingkungan dalam tembok kraton, sementara pada era globalisasi sekarang perkembangan dan wacana seni kriya dimiliki oleh orang-orang akademis. Persoalan yang terjadi serta dihadapi dalam lingkungan pendidikan seni kriya tidak dapat dilepaskan dari perdebatan dan gejolak yang berlaku mengenai posisi dan status seni kriya di luar lingkungan lembaga pendidikan. Kemujudan dari perdebatan ini terjadi tidak hanya tentang wacana seni 'kriya' di Indonesia , tetapi tak ubahnya juga mengenai status dan posisi wacana craft di Barat atau negara-negara Asia, seperti Jepang maupun China. Kasus yang teijadi sama pelik dari segala aktivitasnya di masukkan ke dalam kategori kerajinan, karena para golongan fine art (atau sekarag hanya disebut art) menolak tegas segala aktivitas craft sebagai bagian dari art yang sesungguhnya. Kriya seni sebagai pondasi dalam pendidikan tinggi seni kriya yang dimiliki oleh lSI Yogyakarta, kiranya dapat dijadikan sebagai pegangan menyangkut nilai-nilai yang dibawanya, bahwasannya 'kriya seni' dalam pendidikan ini rnerupakan aktivitas yang jelas untuk mengajarkan dan menghasilkan karya-karya kriya yang orientasinya sebagai seni, menyangkut nilai-nilai yang termuat tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai estetik, karakteristik, filosofis, yang representatif sebagai karya seni monumental hasil dari sebuah penciptaan individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
A. Anzieb, A. Anziebnim9610670022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSp. Gustami, Sp. GustamiUNSPECIFIED
ContributorPurwito, PurwitoUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI90211#KRIYA SENI
Uncontrolled Keywords: konsep kriya, pendidikan tinggi seni rupa
Subjects: Kriya > Kriya Kayu
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Kayu
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:52
Last Modified: 21 Aug 2024 07:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item