Bunga Natalia, Dinda (2011) Studi Desain Interior Pada Taman Kanak-Kanak PPBI Dan Taman Kanak-Kanak Ndasari Budi II Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (102MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf Download (10MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (5MB) |
Abstract
Desain interior merupakan wadah utama yang menunjang terjadinya proses belajar, dimana anak akan saling berinteraksi terhadap elemen-elemen interior maupun kepada orang lain. Untuk menunjang hal tersebut, pada sebuah ruang kelas taman kanak-kanak membutuhkan suatu standar ruang kelas yang dapat memenuhi tujuan pendidikan nasional khususnya pendidikan prasekolah. Desain interior yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional taman kanak kanak akan sangat berperan bagi kemampuan siswa dalam bersosialisasi, berimajinasi dan berkreasi. Semua elemen interior saling terkait dan saling menunjang satu sama lain dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas siswa yang berkaitan dengan tujuan pendidikan nasional taman kanak-kanak di Indonesia. Studi desain interior ini mengambil taman kanak-kanak PPBI dan taman kanak-kanak Ndasari Budi II di Yogyakarta sebagai objek penelitian. Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu seperti apa elemen interior yang ada pada TK PPBI dan TK Ndasari Budi II dan bagaimana elemen-elemen tersebut jika ditinjau dari tujuan pendidikan nasional taman nasional taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan pengetahuan seluas-luasnya terhadap objek penelitian pada suatu saat tertentu yaitu dengan membuat penyanderaan mengenai kondisi yang ditemukan pada objek penelitian berupa data-data yang disusun secara sistematis. Data diperoleh dari wawancara terbuka, observasi secara langsung dan kepustakaan. Data yang diperlukan adalah elemen pembentuk ruang, furnitur dan tata kondisional yang ada pada masing-masing ruang kelas yang dijadikan sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa elemen interior yang terdiri dari elemen pembentuk ruang (lantai dinding dan plafon), perabot, elemen estetis dan tata kondisional (pencahayaan dan penghawaan) pada masing-masing sekolah taman kanak-kanak tersebut sebagian telah memenuhi/ sesuai dengan tujuan pendidikan nasional taman kanak-kanak antara lain menciptakan lingkungan belajar yang menumbuhkan kreatifitas, memungkinkan bagi anak agar mampu mengungkapkan pendapat, pikiran dan tindakannya namun tetap dalam batas batas wajar (apresiatif), menumbuhkan pikiran imajinatif bagi anak, mendukung terjadinya proses sosialisasi dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Studi Desain Interior, Taman Kanak-kanak, Taman Kanak PPBI, Taman Kanak-kanak Ndasari Bodi II. | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:05 | |||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18551 |
Actions (login required)
View Item |