Membaca pendidikan seni dan budaya melalui pergeseran paradigma seni pertunjukan teater. Pidato ilmiah pada dies natalis ISI Yogyakarta ke XXVIII

Yudiaryani, Yudiaryani (2012) Membaca pendidikan seni dan budaya melalui pergeseran paradigma seni pertunjukan teater. Pidato ilmiah pada dies natalis ISI Yogyakarta ke XXVIII. ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
MEMBACA PENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA MELALUI PERGESERAN PARADIGMA SENI PERTUNJUKAN TEATER_0001.pdf

Download (13MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Dari berbagai pemikiran yang saya sampaikan, perlu kiranya membangun "transestetik"antara pendidikan seni budaya dengan seni pertunjukan teater secara paradigmatik. Pergeseran bentuk dan pesan yang melekat pada perubahan-perubahan ekspresi seni pertunjukan teater--dari bentuk teater tradisi menuju teater mod ern hingga teater kontemporer-mampu menjadi inspirasi bagi tumbuhnya strategi-strategi pembelajaran para pendidik dan peserta didik yang kreatif, progresif dan menyeluruh. Visi dan misi pendidikan nasional Indonesia mampu diselaraskan aplikasinya dengan mengamati pergeseran paradigma seni pertunjukan teater.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yudiaryani, Yudiaryaninidn0030065602
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: Agustiawan Agustiawan
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:03
Last Modified: 23 Dec 2024 03:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item