Peran Literasi Visual Terhadap Kreativitas Mahasiswa Desain Interior ISI Yogyakarta di Era Digital Native

Zallfanika Sabita Bachri, Shabrina (2025) Peran Literasi Visual Terhadap Kreativitas Mahasiswa Desain Interior ISI Yogyakarta di Era Digital Native. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SHABRINA ZALLFANIKA SABITA BACHRI_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SHABRINA ZALLFANIKA SABITA BACHRI_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SHABRINA ZALLFANIKA SABITA BACHRI_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (755kB)
[img] Text
SHABRINA ZALLFANIKA SABITA BACHRI_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Mahasiswa desain interior perlu memiliki kreativitas dalam menghasilkan rancangan yang berguna (useful), dan dapat dimengerti (understandable). Pendidikan desain interior menghendaki adanya langkah-langkah strategis dalam mempresentasikan karya-karyanya sesuai dengan imajinasi, gagasan, serta alternatif pemecahan masalah. Namun mahasiswa seringkali lebih memikirkan aspek estetis dan teknisnya dibandingkan penguasaan konsep dan penyampaian solusi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kemampuan literasi visual yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan literasi mahasiswa desain interior ISI Yogyakarta di era Digital Native secara kognitif serta pengaruh kemampuan mahasiswa terhadap kreativitasnya. Penelitian kualitatif ini melibatkan studi pustaka, analisis karya, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan model literasi visual Hattwig (2013) yang mencakup tujuh aspek utama. Hasilnya menunjukkan adanya dominasi pada aspek produksi visual, namun pemahaman etika kurang diperhatikan. Ironisnya, di era Digital Native, terdapat kesenjangan digital yang signifikan, meskipun generasi ini sudah akrab dengan teknologi. Melalui hambatan serta tantangan yang dihadapi mahasiswa, perbedaan kemampuan ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Perlu perhatian khusus terkait dukungan dan pengembangan kemampuan literasi visual secara seimbang untuk mencapai kompetensi kreativitas yang matang serta etika profesionalisme yang kuat bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Zallfanika Sabita Bachri, Shabrinanim1912255023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWishnu Aji, Artbanunidn0013077402
ContributorDwi Nugroho, Martinonidn0015037702
Department: KODEPRODI002005#DESAIN INTERIOR
Uncontrolled Keywords: Literasi Visual, Kreativitas, Desain Interior
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: Shabrina Zallfanika Sabita Bachri
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:37
Last Modified: 03 Feb 2025 06:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item View Item