Setyawan, Gambit (2025) Penciptaan Skenografi dalam Pementasan Naskah Jam Dinding dan Seisi Rumah Karya Maulana Mas. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
GAMBIT SETYAWAN_2025_BAB I.pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
GAMBIT SETYAWAN_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
GAMBIT SETYAWAN_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
GAMBIT SETYAWAN_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
![]() |
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGGUgWihJMA8=&rs=AOn4CLAHyqGjoGSfp5nWgqB_rnxb3YhVzg Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
![]() |
Text
GAMBIT SETYAWAN_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) | Request a copy |
Abstract
Penciptaan ini bertujuan untuk menciptakan skenografi yang mengintegrasikan elemen visual, kinetik, dan audio dalam pementasan naskah Jam Dinding dan Seisi Rumah karya Maulana Muhammad Abdan Syakura. Pendekatan penciptaan menggabungkan teori surealisme André Breton dengan inovasi skenografi Josef Svoboda, menghasilkan desain panggung yang tidak hanya menjadi latar cerita, tetapi juga sebagai elemen naratif yang aktif. Proses penciptaan dimulai dengan analisis naskah untuk memahami tema dan karakter, diikuti oleh desain skenografi yang berfokus pada instalasi kinetik dengan mekanisme robotik. Elemen-elemen panggung, seperti perabotan rumah tangga, dirancang untuk menjadi tokoh hidup yang mendukung narasi. Palet warna akromatik digunakan untuk menciptakan suasana surealis, sedangkan ruang Black Box dipilih sebagai media penyajian karena fleksibilitasnya yang mendukung pengalaman teater yang imersif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan penciptaan skenografi modern melalui integrasi teknologi dan seni. Implikasinya mencakup perluasan eksplorasi estetika teater, pengembangan kolaborasi multidisiplin, serta upaya mengintregasikan inovasi teknologi dalam seni pertunjukan. Kata Kunci: skenografi, surealisme, instalasi kinetik, Black Box, teknologi teater
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91251#TEATER | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bastiani, M. S. (2023). Metode Visual Thinking dalam Perancangan Tata Panggung Teater. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, 20(2), 116-124. Antono, U. T. B. (2008). Ikonisitas Tata Panggung: Sebuah Kajian Semiotika Seni Rupa Teater. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 9(2). Nugroho, E. B. W., Iskandar, A., & Safitri, R. (2021). Instalasi Kinetik pada Set Panggung Lakon Suddenly Last Summer Karya Tennessee Williams dengan Pendekatan Realisme Sugestif. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 285-300. Antono, U. T. B. (2009). Dekorasi dan Dramatika Tata Panggung Teater. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 10(2). Syahrul. (2006). Karakteristik dan Pengontrolan Servomotor. Majalah Ilmiah UNIKOM, 8(2), 143-150. Prasetyo, D. B. (2023). Pemanfaatan Servo SG 90 dalam Pembuatan Karya Seni Kinetik Bertema Kupu-Kupu. Urban: Jurnal Seni Urban dan Industri Budaya, 7(2), 107-126. Sulastianto, H. (2000). Surealisme: Dunia Khayal dan Otomatisme. Bandung: Institut Teknologi Bandung. Witabora, J., & Witabora, J. (2014). Kinetic Sculpture. Humaniora, 5(1), 398-405. Ramdani, G. S. (2017). Seni Kinetik Material Kayu Karya Rudi Hendriatno. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 6(6), 623-634. Wang, C., Yu, L., Mo, Y., Wood, L. C., & Goon, C. (2022). Pareidolia in a built environment as a complex phenomenological ambiguous stimuli. International journal of environmental research and public health, 19(9), 5163. Kaufmann, C., Agalawatta, N., Outhred, T., & Malhi, G. S. (2019). Phenomenal insight: Pareidolia–I see?. Australian & New Zealand Journal of Psychiatry, 53(1), 89-90. Lutfi Rahman, Alexandri, et al. (2023). Estetika, Seni, dan Media: Bunga Rampai Purnatugas Alexandri Luthfi R. Badan Penerbit ISI Yogyakarta. Padmodarmaya. (1983). Tata Dan Teknik Pentas. Jakarta: Balai Pustaka Yudiaryani. (2002). Panggung Teater Dunia. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli. Mulyana, Deddy. (2007). Seni Pertunjukan: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Burian, Jarka. (1971). The Scenography of Josef Svoboda. Middletown, CT: Wesleyan University Press Howard, Pamela. (2002). What is Scenography? London: Routledge. Nasir, J., et al. (2024). Robot dan Microcontroller. Padang: CV. Gita Lentera.. Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Penerbit Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Mitcham, C. (1994). Thinking Through Technology: The Path Between Engineering and Philosophy. Chicago: University of Chicago Press. Breton, A. (1969). Manifestoes of Surrealism. (R. Seaver & H. R. Lane, Trans.). Amerika: University of Michigan Press. Aronson, A. (2005). Looking into the abyss: Essays on scenography. Amerika: University of Michigan Press. Bustamante, P. (2012). Pareidolia. Santiago. Chili: Editorial Patricio Bustamante. Hall, Edward T. (1990). The Hidden Dimension. New York: Anchor Books. St. Clair, Kassia. (2016). The Secret Lives of Color. London: John Murray. Maharsi, Indiria. (2018). Ilustrasi. Yogyakarta: Dwi-Quantum. Salter, Chris. (2009). Entangled: Technology and the Transformation of Performance. Cambridge, Massachusetts: MIT Press. Goldberg, R. (2011). Performance art: From futurism to the present (3rd ed.). London: Thames & Hudson. McKinney, J., & Palmer, P. (2017). Scenography expanded: An introduction to contemporary performance design. London: Bloomsbury Publishing. Freud, S. (1998). The interpretation of dreams (J. A. Strachey, Trans.). New York: Basic Books. Original work published 1900 | |||||||||
Subjects: | Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater | |||||||||
Depositing User: | Gambit Setyawan | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:54 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:56 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |